ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • TNI-Polri turun tangan guna percepat pembangunan Stadion Utama Sumut

TNI-Polri turun tangan guna percepat pembangunan Stadion Utama Sumut

5 September 2024 16:14 WIB
TNI-Polri turun tangan guna percepat pembangunan Stadion Utama Sumut
Sejumlah personel TNI dan Polri turut membantu dalam proses pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara yang menjadi lokasi penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 di Deli Serdang, Kamis (5/9/2024). (ANTARA/Muhammad Ramdan)
Medan (ANTARA) -
TNI dan Polri turut ambil bagian untuk mempercepat pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara yang akan digunakan sebagai lokasi penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 pada 20 September mendatang.
 
Panglima Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan Mayjen TNI Mochammad Hasan mengatakan pihaknya akan menerjunkan lebih banyak personel untuk membantu menyelesaikan stadion tersebut.
 
"Kami siap. Kami akan tambah lagi tenaganya sampai tuntas. Bila target lima hari, tiga hari selesai," ujarnya kepada ANTARA di Stadion Utama Sumut, Deli Serdang, Kamis.
 
Saat ini, 300 personel Zeni Angkatan Darat turut terlibat dalam proses percepatan pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara. Penambahan personel pun bakal dilakukan agar stadion berkapasitas 26.000 penonton itu rampung sebelum penutupan PON 2024.

Baca juga: Ketum KONI: PB PON dan PUPR telah maksimal bangun Sport Center Sumut
 
Komitmen yang sama juga disampaikan Wakapolda Sumut Brigjen Pol Rony Samtana yang akan membantu dalam menyukseskan pesta olahraga terbesar di Indonesia tersebut.
 
"Prinsipnya TNI-Polri mendukung PB PON. Kami juga terlibat dan memastikan semuanya berjalan dengan baik dan bisa fungsional sebagai mestinya," ujar Rony.
 
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengapresiasi pemangku kepentingan yang terlibat. Dia mengatakan PON 2024 sejauh ini tidak ada kendala, termasuk dalam proses pembangunan Stadion Utama Sumut.
 
"Stadion ini tinggal sentuhan akhir saja. Tinggal detailnya seperti penataan ruangannya. Kemudian tadi juga sudah dibahas bersama Wakapolda dan Pangdam akan menambah personel untuk penyelesaiannya," kata Muhadjir.
 
Muhadjir menyebut progres pembangunan Stadion Utama Sumatera Utara sudah mencapai 94 persen.
 
Di lokasi proyek pembangunan pekerja sibuk berlalu lalang dan sejumlah alat berat terus beroperasi. Kondisi jalan untuk memasuki stadion pun belum sepenuhnya beraspal. Tumpukan tanah dan pasir masih menggunung.
 
Meski demikian, dengan adanya bantuan dari personel TNI-Polri dan pengerjaan yang dilakukan 24 jam tanpa henti, Muhadjir optimistis pembangunan Stadion Utama Sumut dapat selesai sebelum upacara penutupan PON 2024.

Baca juga: Terus dikebut, progres pembangunan Stadion Utama Sumut capai 94 persen
 
Adapun untuk pembukaan PON 2024, akan berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh pada 9 September.
 
PON Aceh-Sumut 2024 menjadi edisi terbesar dalam sejarah PON dari segi jumlah peserta.
 
Sebanyak 1.042 nomor pertandingan dari 65 cabang olahraga akan dipertandingkan di Aceh dan Sumatera Utara.
 
Di Aceh, 33 cabang olahraga dengan 42 disiplin akan melibatkan 6.287 atlet dan 3.158 ofisial.
 
Sementara di Sumatera Utara, 34 cabang olahraga dengan 46 disiplin, melibatkan 6.618 atlet dan 3.320 ofisial.

Baca juga: Pembangunan stadion utama PON 2024 telan anggaran Rp587 miliar

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Sumber: ANTARA