ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Pj Gubernur Aceh nyatakan kesiapan Aceh gelar event panjat tebing

Pj Gubernur Aceh nyatakan kesiapan Aceh gelar event panjat tebing

6 September 2024 20:26 WIB
Pj Gubernur Aceh nyatakan kesiapan Aceh gelar event panjat tebing
Penjabat Gubernur Provinsi Aceh, Safrizal ZA saat membuka cabang panjat tebing Pekan Olahraga Nasional Aceh-Sumut 2024 di komplek Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Jumat (06/09/2024). (ANTARA/HO-PON Aceh-Sumut 2024)
Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat Gubernur Aceh, Safrizal ZA menyatakan kesiapan Aceh menggelar event panjat tebing bertaraf nasional maupun internasional.

Safrizal berharap pasca Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024, masih ada event panjat tebing lainnya yang akan digelar di Aceh.

"Ibu ketua FPTI, agendakan agenda nasional dan internasional untuk olahraga panjang tebing di Aceh. Kami siap menjadi tuan rumah yang terbaik bagi atlet Indonesia," kata Safrizal dalam keterangan resmi, Jumat.

Safrizal mengatakan saat ini Aceh sudah mempunyai fasilitas olahraga bertaraf internasional sehingga tidak menutup diri untuk menyelenggarakan event-event berskala internasional.

"Saat ini olahraga panjat tebing telah menorehkan tinta emas di kancah nasional bahkan internasional. Dan Aceh sudah punya fasilitas taraf internasional," kata Safrizal.

Baca juga: Panjat tebing kini bersiap untuk PON XXI dan Asian Games 2026

Ketua Umum FPTI, Yenny Wahid mengatakan olahraga panjat tebing tengah mendapatkan atensi dan apresiasi yang luar biasa dari masyarakat, pasca mendulang emas di ajang Olimpiade Paris 2024.

Dalam ajang multi event internasional empat tahun sekali tersebut, atlet Indonesia, Vedriq Leonardo menyumbangkan medali emas perdana panjat tebing untuk Indonesia usai menjadi yang tercepat di nomor speed putra.

Yenny mengatakan bahwa Veddriq sebelum menjadi juara Olimpiade merupakan atlet yang ditempa melalui ajang PON. Oleh sebab itu Yenny berharap melalui ajang PON kali ini menjadi modal bertanding yang sangat berharga bagi atlet panjat tebing ke depannya.

Baca juga: FPTI Jakarta jaring atlet PON 2024 melalui Kejurprov 2023

"Kejuaraan semacam PON ini harus kontinu dilakukan sehingga atlet terasah terus kemampuannya," kata Yenny.

Yenny mengatakan ada kemungkinan untuk menyelenggarakan kejuaraan panjat tebing kelompok umur berskala Asia yang bisa dilangsungkan di Aceh dalam beberapa waktu ke depan.

"(Bahkan) kejuaraan Asia juga bisa kita bawa kemari. Syukur kalau kejuaraan dunia kalau bisa dibawa ke Aceh," kata Yenny.

Yenny berharap, serupa Vedriq, juara Olimpiade selanjutnya bahkan bisa dilahirkan dari PON XXI Aceh-Sumut. "Dari Aceh kita hantarkan juara yang insya Allah suatu hari nanti meraih medali di Olimpiade," kata dia.

Baca juga: Panjat tebing 100 persen siap dipertandingkan di PON Aceh-Sumut

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Junaydi Suswanto
Sumber: ANTARA