RRI

PON Papua, Pelaku UMKM Mimika Raup Untung

2 Oktober 2021 15:45 WIB
PON Papua, Pelaku UMKM Mimika Raup Untung

KBRN, Jakarta: Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di sekitar venue PON XX Papua 2021 boleh bernapas lega, karena mereka dapat menjual berbagai suvenir atau cendera mata khas PON. 

Mereka menjajakan beragam suvenir yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, seperti, noken, kopi, dan berbagai suvenir berciri khas PON XX Papua.

Salah satu pelaku UMKM ditemui di sekitar Venue Judo Graha Eme Neme Yauware, Timika, adalah Sitha. Dia adalah pelaku UKM binaan Dinas Koperasi dan UMKM Mimika yang menempati Stand Blessing.

Sitha pengelola Stand Blessing mengatakan, usaha yang dijalaninya dikelola bersama dengan sang kakak. Ia menangkap peluang pada momen PON XX dengan menjual boneka maskot PON Kangpho dan Drawa.

“Kakak yang buat desain maskot ini lalu dikirim. Kami pakai dari luar. Maskot PON sudah terjual sekitar 40 buah, ada juga dari perusahaan yang pesan. Kalau pesanan saya antar. Selain maskot saya juga jual jersey PON. Ini juga laku,” katanya saat ditemui di Timika, Sabtu (2/10/2021).

Ia mengaku, di sekitar venue kebanyakan peminat maskot PON merupakan para kontingen seperti Kalimantan Timur dan Jawa.

“PON ini memberi kenikmatan sendiri, banyak untungnya, banyak senangnya. Terima kasih pemerintah," katanya.

Sumber: PON XX Papua

Pewarta: Tegar Haniv Alviandita
Editor: Bobby Sapulette
Sumber: RRI