ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Boling - Ketum PB PBI: PON XXI bagian dari program pembinaan jangka panjang

Boling - Ketum PB PBI: PON XXI bagian dari program pembinaan jangka panjang

7 September 2024 12:57 WIB
Boling - Ketum PB PBI: PON XXI bagian dari program pembinaan jangka panjang
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI), Agus Muhammad Bahron, menjawab pertanyaan wartawan di GOR Hj Rayati Syafrin, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (7/9/2024). ANTARA/Donny Aditra
Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI), Agus Muhammad Bahron, mengatakan bahwa Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara, merupakan bagian dari program jangka panjang pengurus untuk regenerasi dan menjaring atlet potensial.

Ia membeberkan, cabang olahraga tersebut sempat absen dalam edisi PON sebelumnya, yaitu Papua XX, sehingga PBI tidak ingin pengalaman itu terulang kembali.
 
"PON ini merupakan bagian dari program PBI untuk melihat potensi para atlet untuk dibawa ke event internasional seperti SEA Games dan Asian Games," kata jenderal bintang dua TNI AU itu kepada ANTARA di GOR Hj Rayati Syafrin, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu.
 
Para peboling bertanding di babak penyisihan cabang olahraga boling, dalam PON XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 di GOR Hj Rayati Syafrin, Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (7/9/2024). ANTARA/Donny Aditra



Lebih lanjut dia membeberkan, ajang tersebut menjadi wadah untuk melihat perkembangan atlet di daerah, sehingga proses regenerasi bisa berjalan berkesinambungan.

"Atlet yang terpilih dari daerah, nantinya juga akan dikirim ke pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk dilatih lebih keras oleh tim pelatih," ujar Bahron.

Oleh sebab itu, para atlet yang berlaga dalam PON tahun ini, diimbau untuk memanfaatkan kesempatan dengan menunjukkan penampilan terbaik sebaik mungkin.
 
Ditambah lagi, GOR Hj. Rayati Syafrin itu merupakan fasilitas yang baru dibangun oleh pemerintah dan khusus untuk pengembangan cabang olahraga boling.
 
Sebanyak 92 peboling dari 10 provinsi, bersaing menjadi yang terbaik di cabang olahraga boling pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang digelar mulai 7 hingga 19 September di venue tersebut.
 
10 provinsi yang mengikuti pertandingan boling itu adalah tuan rumah Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.
 
Hari pertama babak penyisihan, yaitu Sabtu (7/9), panitia mempertandingkan nomor tunggal putri yang diikuti sebanyak 30 atlet.
 
Pertandingan terbagi dua, yaitu grup 1 dan 2. Babak penyisihan pada hari ini masih berlangsung dan selesai dilaksanakan pada sore hari.

Baca juga: Rizki pecahkan rekor saat menangi emas PON angkat besi 89 kg putra

Baca juga: Manajer Basket Sulsel kirim pencari bakat ke sekolah cari bibit atlet

Baca juga: Basket - Sulsel petik kemenangan kedua usai bungkam Yogyakarta 55-50

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Sumber: ANTARA