ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Kalsel tidak bebani target medali dua atlet Triathlon pada PON 2024

Kalsel tidak bebani target medali dua atlet Triathlon pada PON 2024

7 September 2024 17:08 WIB
Kalsel tidak bebani target medali dua atlet Triathlon pada PON 2024
Ofisial dan atlet Federasi Triathlon Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (FTI Kalsel) yang bakal berlaga pada Pekan Olahraga Nasional XXI-2024 di Sumatera Utara dan Aceh untuk persiapan pemberangkatan di Banjarmasin, Jumat (6/9/2024). (ANTARA/HO-FTI Kalsel)
Banjarmasin (ANTARA) - Federasi Triathlon Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (FTI Kalsel) tidak membebani target medali bagi dua atlet Triathlon putri yang berlaga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh.

Ketua FTI Kalsel Budiono dikonfirmasi di Banjarmasin, Sabtu, mengatakan dua atlet Triathlon Kalsel tersebut untuk pertama kali berlaga pada PON.

"Atlet Kalsel ada dua yang lolos PON XXI 2024 Aceh-Sumut, semuanya putri usai mengikuti babak kualifikasi 2023," kata Budiono.

Kedua atlet tersebut, yakni Azizah Khusnul Qotimah (Duathlon) pada nomor relay distance dan Beatrice Rachel (Triathlon) pada nomor sprint distance.

Budiono menyebutkan Kalsel tidak membebani dua atlet Triathlon tersebut untuk meraih medali karena FTI Kalsel baru terbentuk dua tahun lalu.

"Ini sebuah gebrakan yang luar biasa karena FTI Kalsel baru terbentuk dua tahun lalu dan mampu meloloskan atlet," tutur Budiono.

Budiono mengharapkan dua atlet Triathlon Kalsel dapat tampil maksimal sehingga memperbaiki catatan waktu yang ditorehkan saat kualifikasi PON 2024.

Sebelum mengikuti PON 2024, Budiono menyebutkan dua atlet Triathlon tersebut menjalani latihan lokal dan mengikuti berbagai ajang nasional.

Bahkan, kedua atlet tersebut juga sempat menjalani "training camp" di Situbondo, Probolinggo, Jawa Timur berkat kerja sama FTI Kalsel dengan FTI Jatim.

"Kalau berbicara nasional, kita harus menyiapkan segalanya. Berhubung kita masih baru, harapan ke depannya bisa bicara lagi pada kancah nasional dengan pembinaan yang lebih intensif," ujar Budiono.

Diketahui, dua atlet Triathlon putri Kalsel itu akan bertanding pada PON mulai 10-19 September 2024 di Danau Laut Tawar, Aceh.

Sementara itu, atlet dayung Kalsel kembali menorehkan prestasi dengan meraih medali emas melalui Abdul Hamid pada Nomor Kayak 1 Putra 200 meter di Bendungan Keuliling Indraputri, Aceh Besar, Aceh, Sabtu.

Abdul Hamid finis tercepat dengan catatan waktu 35 detik 033 milidetik disusul pedayung Jambi Subhi (35 detik 221 milidetik), dan atlet Jawa Barat Rapik Saputre (35 detik 358 milidetik).

Saat ini, atlet dayung Kalsel mengumpulkan dua emas dan dua perunggu pada PON 2024 di Aceh-Sumut.

Baca juga: Dayung - Pelatih Kalsel: medali emas yang diraih dari proses panjang
Baca juga: Kalsel andalkan Dayung raih medali pertama pada PON 2024

Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Teguh Handoko
Sumber: ANTARA