ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Boling - Sumut dan Jatim berbagi tempat di semifinal tunggal putri

Boling - Sumut dan Jatim berbagi tempat di semifinal tunggal putri

7 September 2024 20:22 WIB
Boling - Sumut dan Jatim berbagi tempat di semifinal tunggal putri
Pelatih tim boling Sumatera Utara, Isaac Russell Paul (kanan), menjawab pertanyaan wartawan usai babak penyisihan cabang olahraga boling nomor tunggal putri di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (7/9/2024) malam. ANTARA/Donny Aditra
Jakarta (ANTARA) -
Tim boling Sumatera Utara (Sumut) dan Jawa Timur (Jatim), berbagi tempat di semifinal cabang olahraga boling nomor tunggal putri Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang diselenggarakan di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.
 
Hasil itu didapat, setelah dua atlet Sumut, yaitu Aldila Indryati dan Nadia Pramanik Nuramalina, serta lawannya Shinta Ceysaria Yunita dan Tannya Roumimper yang mewakili Jatim, akan bertemu dalam babak empat besar, pada Senin (9/9) mendatang.
 
"Jadi kami cuma bisa selangkah demi selangkah dengan rencana yang disiapkan. Yang pasti kedua provinsi akan bertemu di final nanti," kata pelatih tim boling Sumatera Utara, Isaac Russell Paul usai babak penyisihan, Sabtu malam.
 
Lebih lanjut dia membeberkan, Jatim merupakan tim kuat, sehingga timnya tentu akan mewaspadai permainan lawan.
 
Menurut dia, Jatim pada dasarnya tim yang kuat, namun boling adalah olahraga yang kemungkinannya besar bisa dimenangi oleh siapapun, sehingga setiap tim hanya harus fokus dengan tujuan awal.

Baca juga: Boling - Jatim dan Jakarta bertarung sengit menuju empat besar tunggal putri
 
Isaac mengungkapkan, hasil penyisihan itu sebenarnya masih belum sesuai dengan target yang diharapkan, tetapi dirinya tetap bersyukur karena dua dari empat atlet Sumut bisa masuk ke semifinal dan bahkan ke final nanti.
 
"Kalau ekspektasi dari latihan sebenarnya hasil penyisihan hari ini masih setengah dari yang diharapkan, tetapi kami mencoba selangkah demi selangkah mengikuti rencana dan jalan yang sekarang masih sesuai, jadi kami senang dengan hasil ini," ujar dia.
 
Peboling Sumatera Utara Aldila Indryati mengatakan, hasil penyisihan tersebut sudah cukup untuk membayar program latihan yang sudah dilakoni selama ini
 
Ia bersyukur, dua atlet Indonesia bisa masuk ke semifinal.
 
"Dengan latihan yang sudah kami lewati, hasil hari ini sudah terbayarkan. Nanti tinggal kami berdua berjuang lagi di semifinal," kata peraih medali emas SEA Games Filipina 2019 itu.
 
 
Peboling Sumatera Utara, Aldila Indryati akan melempar bola dalam babak penyisihan cabang olahraga boling nomor tunggal putri di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (7/9/2024) malam. ANTARA/Donny Aditra
 
Dalam babak penyisihan yang terbagi dalam dua grup itu. Aldila berhasil membukukan total 1.328 poin dari enam gim yang dijalani. Dia menang tipis dari Shinta yang mencatatkan total 1.323 poin.
 
Menguntit di posisi ketiga adalah rekan Shinta, yakni Tannya yang mengumpulkan 1.288 poin. Sedangkan posisi keempat, atlet Sumut lainnya, yaitu Nadia Pramanik Nuramalina berhasil mengumpulkan 1.199 poin.
 
Hasil itu, membuat Aldila yang di peringkat pertama akan bertemu rekan setimnya di semifinal yang berada di urutan keempat. Sementara Shinta juga akan bertemu dengan rekan satu provinsinya yang ada di peringkat ketiga.
 
Setelah semifinal itu, dipastikan partai puncak akan diperebutkan oleh masing-masing wakil dari Sumut dan Jatim.
 
Pada hari pertama penyelenggaraan, panitia mempertandingkan nomor tunggal putri dalam babak penyisihan, yang diikuti sebanyak 30 atlet.
 
Sebanyak 77 peboling dari 10 provinsi, bersaing menjadi yang terbaik di cabang olahraga boling pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara 2024 yang digelar mulai 7 hingga 19 September di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, yang baru dibangun pemerintah.
 
10 provinsi yang mengikuti pertandingan boling itu adalah tuan rumah Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Baca juga: Boling - Ketum PB PBI: PON XXI bagian dari program pembinaan jangka panjang
Baca juga: Boling - Ketum PB PBI sebut regenerasi atlet boling mulai merata

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Teguh Handoko
Sumber: ANTARA