ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Selancar ombak - Tiga juara SEA Games berebut emas

Selancar ombak - Tiga juara SEA Games berebut emas

7 September 2024 22:02 WIB
Selancar ombak - Tiga juara SEA Games berebut emas
Para atlet sedang melakukan uji coba di Pantai Riting Kecamatan Leupung, Kebupaten Aceh Besar (ANTARA/M Ifdhal)
Banda Aceh (ANTARA) - Technical delegate Anggi Yuhista menyatakan ada tiga atlet juara SEA Games yang akan ikut memperebutkan medali emas pada pertandingan selancar ombak PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Pantai Riting Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar.

"Para atlet yang dikirim merupakan tim yang telah berlaga di banyak kejuaraan internasional dan tiga di antaranya merupakan peraih juara di SEA Games," katanya di Banda Aceh, Sabtu.

Ia menjelaskan keikutsertaan para atlet yang 90 persen di antaranya telah mengikuti kompetisi internasional tersebut akan membuat pertandingan semakin seru dan agresif.

Mereka pasti akan memanfaatkan kesempatan ombak terbaik untuk mengumpulkan poin terbanyak agar bisa melanjut pada babak berikutnya.

Baca juga: Selancar Ombak- TD: Persiapan pertandingan capai 80 persen

Adapun ketiga juara SEA Games tersebut yakni Hairil Anwar asal NTB juara 1 SEA Games Philippines 2019 Shortboard Putra, Dhea Natasya asal Aceh Juara 1 SEA Games Philippines Longboard Putri dan Made Joi asal Lampung juara 2 Kualifikasi Asia Games 2024.

Ia mengatakan dengan keikutsertaan para pemburu ombak terbaik tersebut akan menjadikan ajang uji kemampuan kembali dalam meraih medali pada setiap nomor yang diikuti nantinya.

Pertandingan selancar ombak akan berlangsung selama lima hari yakni dari 10-14 September 2024 di Pantai Riting, Kecamatan Leupung, Kabupaten Aceh Besar.

Dalam cabang pertandingan tersebut melombakan lima nomor yakni Shortboard /papan pendek kategori putra dan putri, Longboard/papan panjang kategori putra dan putri serta aerial.

Adapun jumlah peserta yang akan ikut berlaga di Selancar ombak PON XXI Aceh-Sumut 2024 tersebut sebanyak 49 orang yang berasal dari 14 provinsi.

PON XXI Aceh-Sumut dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada 9 September 2024 di Stadion Harapan Bangsa Lhoong Raya Banda Aceh.

Baca juga: Enam peselancar DKI latihan fisik di Bali untuk hadapi PON 2024

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Teguh Handoko
Sumber: ANTARA