ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Angkat besi-Dewani jadi pemenang medali emas kelas 76 kilogram putri

Angkat besi-Dewani jadi pemenang medali emas kelas 76 kilogram putri

7 September 2024 22:11 WIB
Angkat besi-Dewani jadi pemenang medali emas kelas 76 kilogram putri
Lifter Jawa Barat Dewani Ramadhan mengangkat beban pada percobaan angkatan clean and jerk angkat besi kelas 76 kilogram putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024, di GOR Seramoe, Banda Aceh, Sabtu (7/9/2024). (ANTARA/RAUF ADIPATI)
Banda Aceh (ANTARA) - Lifter Jawa Barat, Dewani Ramadhan, menjadi pemenang medali emas kelas 76 kilogram putri Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024, setelah memiliki total angkatan 205 kilogram pada pertandingan di GOR Seramoe, Banda Aceh, Sabtu.

Dewani memiliki catatan angkatan snatch terbaik pada 89 kilogram, dan angkatan clean and jerk terbaik pada 116 kilogram. Ia sempat berusaha melampaui rekor nasional clean and jerk seberat 102 kilogram dengan mencoba mengangkat 121 kilogram pada percobaan ketiganya, tetapi ia gagal mengangkatnya.

Atlet Kota Bogor itu sempat gagal dalam percobaan angkatan snatch pertamanya, yakni saat mengangkat beban 86 kilogram. Namun pada percobaan kedua dan ketiga, ia berhasil mengangkat beban 86 dan 89 kilogram.

Baca juga: Angkat besi - Medali emas kelas 71 kilogram putri milik Indah Afriza

Untuk angkatan clean and jerk, Dewani dua kali berhasil dalam dua percobaan awalnya, yakni 112 kilogram dan 116 kilogram. Ia hanya gagal pada percobaan clean and jerk ketiganya, setelah memastikan raihan medali emas.

Ini merupakan raihan medali emas kedua bagi kontingen Jabar dari angkat besi pada PON Aceh-Sumut 2024. Sebelumnya, lifter kelas 64 kilogram putri Tsabitha Alfiah Ramadhani, telah lebih dahulu merebut medali emas pada Jumat.

Medali perak kelas ini didapat lifter Aceh Nadita Aprilia, dengan total angkatan 202 kilogram. Nadita memiliki catatan angkatan snatch terbaik 88 kilogram, dan angkatan clean and jerk terbaik 112 kilogram.

Baca juga: Angkat besi - Tsabita Alfiah sabet emas kelas 64 kilogram putri

Ia sempat berusaha menyaingi Dewani dengan mengangkat beban seberat 118 kilogram pada dua percobaan terakhir clean and jerk-nya, tetapi ia gagal melakukannya.

Sedangkan medali perunggu menjadi milik lifter Jambi Melinda Gusti. Melinda memiliki catatan total angkatan 202 kilogram, dengan catatan snatch terbaik 88 kilogram dan catatan clean and jerk terbaik 114 kilogram.

Angkat besi kelas 76 kilogram putri pada PON Aceh-Sumut 2024 diikuti oleh sembilan peserta. Selain Dewani, Nadita, dan Melinda, enam peserta lainnya adalah Ery Oktavianda asal Sumatera Utara, Anis Nur Romadoni asal Jawa Tengah, Erni Wuka asal Papua pegunungan, Peratiwi asal Kalimantan Barat, dan Fenna Yuliyani asal Lampung.

Baca juga: Natasya Beteyob tidak pandang remeh persaingan di PON Aceh-Sumut 2024
Baca juga: Tsabitha lebih cemas saat tampil di ajang PON ketimbang di luar negeri

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Sumber: ANTARA