ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Kaltara siap tampil optimal di nomor sengit Barongsai Kecepatan

Kaltara siap tampil optimal di nomor sengit Barongsai Kecepatan

8 September 2024 10:39 WIB
Kaltara siap tampil optimal di nomor sengit Barongsai Kecepatan
Pelatih barongsai Kalimantan Utara Ferdy (tengah) besama kedua atlet barongsai Ardiman pemain kepala atau pemain depan barongsai Kaltara (kiri), Tri Wira pemain belakang atau pemain ekor barongsai Kaltara (kanan) diwawancara sebelum tampil di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumut, Minggu (8/9/2024). ANTARA/Harianto
Deli Serdang (ANTARA) - Pelatih barongsai Kalimantan Utara Ferdy menegaskan siap tampil optimal di nomor Barongsai Kecepatan yang diperkirakan berlangsung sengit pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

"Untuk hari ini kita main lepas karena untuk kategori Barongsai Kecepatan ini cukup sengit, jadi kita berusaha tampil tanpa kesalahan," kata Ferdy ditemui sebelum tampil dalam ajang tersebut di Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu.

Cabang olahraga barongsai nomor Barongsai Kecepatan dijadwalkan bertanding di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang Sumut, Minggu pukul 10.00-11.30 WIB.

Ferdy menekankan kepada atletnya untuk bermain lepas dan mengupayakan agar tidak melakukan kesalahan.

"Kita berusaha tampil semaksimal mungkin tanpa ada kesalahan. Semoga bisa dapat nomor juga, bisa dapat medali di nomor Barongsai Kecepatan. Kalau kita lihat dari provinsi lain untuk kategori ini cukup sengit. Jadi kita berusaha tampil yang terbaik saja dulu," jelasnya.

Lebih lanjut Ferdy mengungkapkan telah melakukan latihan maksimal di daerah sebelum tampil di PON XXI.

"Untuk Barongsai Kecepatan hari ini kita sudah persiapan juga, jadi selama kemarin kita pelatda, pelatihan di daerah kami, setelah latihan tonggak taolu bebas kita juga langsung latihan Barongsai Kecepatan," ucapnya.

Ardiman pemain kepala atau pemain depan barongsai Kaltara mengaku siap memberikan yang terbaik sehingga bisa memperoleh medali bagi daerahnya.

"Kalau untuk persiapan sebenarnya kita sudah siap waktu di sana (Kaltara) kita juga sudah melakukan latihan di sana, kita berusaha melakukan yang terbaik setelah di sini, dan tetap semangat," kata Ardiman.

Baca juga: Barongsai Kaltara bidik ajang internasional di Malaysia usai emas PON

Sementara itu, Tri Wira pemain belakang atau pemain ekor barongsai Kaltara berharap penampilan hari ini bisa memberikan yang terbaik bagi timnya.

"Kalau sebagai pemain belakang persiapannya 100 persen siap untuk turnamen nomor Barongsai Kecepatan. Harapannya sama seperti pasangan saya pemain depan ingin jadi yang terbaik," kata Wira.

Sebelumnya, tim barongsai Kalimantan Utara (Kaltara) meraih medali emas pada nomor Barongsai Taolu Bebas Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 pada pertandingan yang berlangsung di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, Sumut, Sabtu (7/9).

Kaltara mendapat posisi pertama usai memperoleh nilai tertinggi yakni 9,17. Provinsi ini tampil dengan 17 kali tingkat kesulitan tanpa melakukan kesalahan hingga akhir laga.

Sedangkan di posisi kedua atau peraih medali perak adalah Kalimantan Selatan (Kalsel). Provinsi ini selisih dua poin dari Kaltara, yakni 9,15. Atlet Barongsai Kalsel juga tampil dengan 17 kali tingkat kesulitan dan tanpa melakukan kesalahan.

Sementara itu, di posisi ketiga atau peraih medali perunggu adalah Provinsi Aceh dengan nilai akhir 8,92. Aceh tampil dengan 15 kali tingkat kesulitan. Namun melakukan satu kesalahan ringan di menit ke-8 detik ke-47 yakni tidak stabil naik kepala.

Baca juga: Barongsai - Kaltara sabet medali emas nomor Barongsai Taolu Bebas
Baca juga: Barongsai - DKI mundur dari nomor Taolu Bebas usai atlet cedera


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Sumber: ANTARA