ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Panitia pelaksana bagi dua tahap babak penyisihan dayung nomor rowing

Panitia pelaksana bagi dua tahap babak penyisihan dayung nomor rowing

8 September 2024 11:19 WIB
Panitia pelaksana bagi dua tahap babak penyisihan dayung nomor rowing
Para atlet dayung nomor rowing saling memacu perahu untuk menyentuh garis finis pada babak penyisihan cabang olahraga dayung nomor rowing di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar, Minggu (8/9/2024). ANTARA/Muhammmad Zulfikar.
Aceh (ANTARA) - Panitia pelaksana cabang olahraga dayung Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024 membagi babak penyisihan nomor rowing menjadi dua tahap mengingat banyaknya nomor yang akan dipertandingkan. 

"Hari ini akan ada 14 race cabang dayung pada nomor rowing yang diselenggarakan di Bendungan Keuliling, Kabupaten Aceh Besar," kata Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI) Brata Tryana Hardjosubroto di Kabupaten Aceh Besar, Minggu.

Sementara, sisanya 15 race akan dipertandingkan pada Senin (9/9) di lokasi yang sama.

Brata menyebutkan cabang olahraga dayung nomor rowing akan memperebutkan total 15 medali emas dengan rincian delapan medali untuk atlet putra dan tujuh medali emas bagi atlet putri.

Ia menjelaskan pada setiap race pedayung tercepat yang berhasil menyentuh garis finis otomatis lolos ke babak final yang diagendakan pada Selasa (10/9). Sementara, sisanya masih memiliki kesempatan untuk masuk ke partai puncak lewat mekanisme repechage atau kesempatan ulang.

"Setiap race itu hanya satu yang berhak langsung ke final. Sisanya diberi kesempatan pada babak repechage I dan II," kata dia.

Baca juga: PB Podsi sambut baik dukungan pemerintah daerah untuk atlet PON XXI

Pada hari pertama babak penyisihan cabang olahraga dayung nomor rowing, terdapat 14 nomor yang dipertandingkan di antaranya light weight single sculls, light weight double sculls, single sculls, coxless fours, dan coxless pairs.

Sementara kontingen yang akan bertanding berasal dari DKI Jakarta, Sulawesi Tenggara, Papua Barat, Jambi, Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tengah. Berikutnya Riau, Jawa Tengah, Jawa Barat, Bali, Maluku, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Papua, Maluku Utara, dan Sulawesi Selatan.

Hingga Sabtu (7/9), Jawa Barat masih kokoh di puncak klasemen sementara perolehan medali di cabang olahraga dayung dengan sembilan medali, terdiri dari lima medali emas dan masing-masing dua perak serta dua perunggu.

Di posisi kedua Kalimantan Selatan yang berhasil mengoleksi dua medali emas dan dua medali perunggu. Kemudian di peringkat ketiga kontingen Papua Pegunungan menyabet dua medali emas. Sementara, tuan rumah Aceh tertahan di peringkat empat dengan perolehan satu medali emas dan satu medali perak.

Baca juga: PB Podsi: Dayung nomor rowing perebutkan 15 medali emas 
Baca juga: Pedayung putri Tanah Papua kuasai panggung final dayung PON XXI

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Sumber: ANTARA