ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Peboling putra Jatim raih poin sempurna di gim kedua penyisihan

Peboling putra Jatim raih poin sempurna di gim kedua penyisihan

8 September 2024 12:03 WIB
Peboling putra Jatim raih poin sempurna di gim kedua penyisihan
Peboling Jawa Timur Billy Muhammad Islam, melempar bola dalam babak penyisihan grup 1 cabang olahraga boling nomor tunggal putra di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu (8/9/2024). ANTARA/Donny Aditra
Kabupaten Deli Serdang (ANTARA) -
Peboling putra Jawa Timur (Jatim) Billy Muhammad Islam meraih poin sempurna (perfect game) pada gim kedua Grup 1 babak penyisihan nomor tunggal putra boling pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Minggu, atlet berkacamata itu awalnya mencatatkan poin yang tidak terlalu banyak pada gim pertama.
 
Dia hanya mengumpulkan 176 poin dan termasuk terkecil kedua di antara sembilan lawan lainnya yang tergabung dalam Grup 1, saat babak penyisihan tersebut.
 
Namun, penampilannya berubah 180 derajat saat tampil di gim kedua. Dengan menarik nafas panjang sebelum melempar bola, tingkat fokus atlet peraih emas nomor double event putra pada SEA Games 2019 itu meningkat tajam untuk mengumpulkan poin di setiap lemparan.
 
Terbukti, dia berhasil meraih 300 poin alias tertinggi dan sempurna dibandingkan lawan-lawannya.
 
Billy yang lahir pada 30 Maret 1997 itu tampil trengginas dan meyakinkan dalam setiap lemparannya di gim kedua.
 
Poinnya jauh meninggalkan peringkat kedua, yakni wakil dari Jawa Barat Dhafin Faza Ghani yang membukukan 234 poin.
 
Sementara menguntit di posisi ketiga ada rekan seprovinsi Dhafin, yaitu Rangga Dwichandra Yudhira yang mencatatkan 171 poin.
 
Hingga berita ini dibuat, pertandingan babak penyisihan Grup 1 masih berlanjut di gim keempat dan selesai pada gim keenam. Sementara laga Grup 2 akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.
Dalam babak penyisihan tunggal putra, sebanyak 20 atlet bersaing dan terbagi dalam dua grup. Sedangkan empat atlet lainnya merupakan cadangan yang dipersiapkan oleh sejumlah tim.

Setelah penyisihan, sebanyak empat atlet yang meraih poin tertinggi akan bertarung di babak semifinal pada Senin (9/9).
 
Sebanyak 77 peboling yang terdiri 44 atlet putra dan 33 putri dari 10 provinsi bersaing menjadi yang terbaik dengan total 11 nomor pertandingan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.
 
Pertandingan digelar di GOR Hj Rayati Syafrin, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, mulai 7 hingga 19 September.
 
Sebanyak 10 provinsi yang mengikuti pertandingan boling itu adalah tuan rumah Sumatera Utara, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten.

Baca juga: Boling - Aldila: Suami dan keluarga dukung penuh perjuangan di PON XXI
Baca juga: Boling - 8 tahun absen di PON, Aldila: Pertandingan yang cukup tegang

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Sumber: ANTARA