RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Atlet-Ofisial Semangat Ikuti Pembukaan PON Papua

Atlet-Ofisial Semangat Ikuti Pembukaan PON Papua

2 Oktober 2021 16:45 WIB
Atlet-Ofisial Semangat Ikuti Pembukaan PON Papua

KBRN, Merauke: Kontingen atlet dan ofisial dari puluhan provinsi mendadak mendapat informasi untuk mengikuti seremoni pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX untuk klaster Merauke. 

Salah satu pelatih wushu Jawa Barat, Gora Nebulana menyebutkan, pemberitahuan untuk menghadiri acara seremoni terbilang mendadak. Dirinya dan para atlet awalnya hendak jalan-jalan menikmati keindahan Merauke. 

"Kami kaget baru dapat WhatsApp satu jam sebelum acara ini. Saat itu, kami sudah siap jalan-jalan," ujarnya, Sabtu (2/10/2021) sore. 

Meski mendapat info yang mendadak, namun kontingen wushu Jawa Barat tetap datang menghadiri seremoni pembukaan yang digelar di Halaman Kantor Bupati Merauke. Para atlet dan ofisial disambut dengan keramahtamahan serta pertunjukan seni musik dan tari. 

"Saya merasa Papua, khususnya Merauke, siap untuk menggelar PON tahun ini," ujar ayah dari atlet Zoura Nebulani yang baru meraih emas wushu di PON Papua.

Pembukaan PON XX Papua sejatinya dipusatkan di Stadion Lukas Enembe, Sabtu malam, dan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Namun di klaster penyelenggaraan PON lainnya, seperti Mimika dan Merauke menggelar seremoni pembukaan dan nonton bareng secara virtual. 

Zulfikar, asisten pelatih anggar Riau juga mengaku mendapat undangan mendadak. Mereka diinfokan untuk berkumpul pukul 16:00 WIT, dan acara akan berlangsung pukul 17:30 WIT. Namun, kontingen Riau baru tiba di lokasi pukul 18:00 WIT. 

"Kami harus bersiap terlebih dahulu karena atlet awalnya tidak tahu," jelas dia. 

Walaupun mendadak, ratusan atlet yang bertarung di klaster Merauke tetap semangat mendatangi seremoni pembukaan PON XX Papua di Halaman Kantor Bupati Merauke. Sedangkan, acara sendiri dimulai tepat pukul 18:30 WIT.  (ros)

Pewarta: Rosihan Anwar
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI