RRI

Tim DIY Sapu Bersih Emas Hapkido Nomor Seni

11 September 2024 16:57 WIB
Tim DIY Sapu Bersih Emas Hapkido Nomor Seni
Upacara Penghormatan Pemenang bagi tim DIY di nomer hyung perorangan putri, Rabu (11/9/2024) (Foto: RRI/Edwi)

KBRN, Banda Aceh: Tim Hapkido DIY sukses menyapu bersih lima medali emas di nomer seni cabang olahraga (cabor) Hapkido PON Aceh Sumut 2024. 

Salah satu cabor beladiri asal Korea yang baru dipertandingkan pada PON Aceh Sumut 2024 ini pada hari kedua yang digelar di Gedung KONI Banda Aceh Rabu (11/09/2024)  tim DIY menambah 2 medali emas dari nomer seni hyung perorangan putra dan putri.

Di nomer hyung perorangan putri, emas DIY diraih atletnya, Sylvia Candra Kurniawan yang menyisihkan 6 pesaingnya.

Sedangkan satu medali emas lagi diraih atlet putra Novriza Nur Farezi di nomer seni hyung perorangan putra.

Atlet putri DIY Sylvia Candra mengaku sudah memprediksi jika tim DIY mampu berprestasi di ajang PON Aceh Sumut 2024.

"Untuk cabor Hapkido ini kami sudah bersiap sejak 2 tahun lalu dan target memang 5 emas berdasarkan hasil berbagai iven Jogja kuat di seni, sehingga hal itu menjadi modal pada PON Aceh Sumut dam Alhamdulilah berhasil meraih target 5 emas," ujar Sylvia kepada RRI.

Sylvia Candra Kurniawan

Dia juga berharap cabor Hapkido dapat sejajar dengan cabor beladiri lain dan bisa tetap bertahan dan dipertandingkan di level yang lebih tinggi, Sea Games atau bahkan Asian Games atau Olimpiade.

Selain dari nomer seni, tim DIY juga berharap pada nomer tanding yang juga menurunkan beberapa atletnya.

Pelatih hapkido DIY Luqman Ar-Rosyid mengatakan  sebelumnya pada hari pertama, Selasa (10/09/2024) tim DIY sudah mendulang 3 medali emas melalui Bayu Dwi Dedi Saputro dan Rafi Rajendra dari nomor hosinsul putra. Kemudian Davinia Marvella dan Puspa Agustin dari hosinsul putri. Serta Awwabin Raihan dan Ihtifazhuddin Al Hafizh di nomor hosinsul freestyle.

“Secara ofisial bisa mendapatkan lima emas, tentu sangat bangga, terharu, dan bahagia. Kami tidak menyangka bisa terjadi dengan upaya keras semua pihak yang sudah bergandeng tangan dan menyiapkan selama dua tahun bisa membuahkan hasil,” katanya seusai pertandingan kepada RRI.

Dari 13 nomor yang diikuti oleh DIY menurutnya hosinsul memang menjadi andalan untuk bisa meraih medali.

"Kami masih berharap pada nomer tanding yang diharapkan juga dapat meraih emas," ujar dia. (Edwi)

Pewarta: EdwiPuryono
Editor: Tinus Ohoira
Sumber: RRI