RRI

Balap Sepeda Jatim Panen Emas di PON 2024

11 September 2024 08:00 WIB
Balap Sepeda Jatim Panen Emas di PON 2024
Tim balap sepeda Jatim panen medali emas dalam penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut (Foto: PB PON XXI Wil. Sumut)

KBRN, Serdang Bedagai: Meski sempat diragukan, kontingen balap sepeda Jawa Timur kembali mendapatkan dua emas di nomor Individual Time Trial (ITT). Dua emas Jatim dipersembahkan Andy Royan dan Dewika Mulya Sofa, yang membuat kontingen ini panen medali terbaik.

Andy Royan yang turun dinomor ITT putra, menjadi yang tercepat dilitasan sejauh 30 kilometer yang ada di Serdang Bedagai, Selasa (10/9/2024). Andy Royan mencatat waktu 36 menit 45,231 detik.

Untuk kategori putri, ITT yang menempuh jarak 20 kilometer. Andalan Jawa Timur, Dewika Mulya Sofa, menjadi  yang tercepat dengan 29 menit 15,826 detik.

Pelatih tim balap sepeda Jatim, Sugeng Trihartono,mengatakan perjuangan atlet terbilang berat. Itu karena persaingan di balap sepeda relatif ketat. 

Setelah tidak dipertandingkan di PON 2020 Papua, Pengprov ISSI berusaha meyakinkan Konida Jatim bahwa balap sepeda bisa memberikan yang terbaik. Keyakinan itu akhirnya terbukti di PON 2024.

“Medali emas ini jadi bukti balap sepeda Jatim masih yang terbaik. Meski tidak ada di PON Papua, pembinaan di daerah kami masih berjalan baik," kata Sugeng Trihartono.

Dengan hasil ini tim balap sepeda Jawa Timur mengoleksi 6 medali emas, 1 perak dan 1 perunggu. Jumlah ini bisa terus bertambah, karena masih ada beberapa nomor andalan yang dipertandingkan.

Pewarta: Sumarsono
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI