RRI

Ketika Venue Voli PON 2024 Belum Maksimal

10 September 2024 22:48 WIB
Ketika Venue Voli PON 2024 Belum Maksimal
Venue cabor voli indoor PON 2024 di Sport Center, Deli Serdang, dirasa belum maksimal oleh para atlet (Foto: RRI/Joko Saputra)

KBRN, Medan: Sejumlah ofisial tim bola voli belum bisa merasakan kondisi venue di PON 2024 yang ideal. GOR Voli Indoor di Sport Center Sumut, Deli Serdang, memang menjadi sorotan karena terlihat belum siap.

Dari pantauan RRI pada Selasa (10/9/2024) siang, banyak serpihan proses pengerjaan pembangunan GOR belum dibereskan. Bahkan, masih ada pengerjaan lapangan pemanasan. 

Kabel-kabel juga masih banyak yang menjulur di area GOR. Ini tentu bisa membahayakan pengunjung.

Meski begitu sejumlah tim tetap berlatih resmi di GOR tersebut karena ada pertandingan pada Rabu. Mereka coba memaklumi situasi dan kondisi yang ada.

Kapten tim voli Jakarta, Okky Darmawan Saputra, mengungkapkan kondisi lapangan tidak ada perbedaan dari hari sebelumnya. Akses jalan menuju lokasi pun belum layak.

“Kamar mandi juga belum siap untuk ganti baju atau sekedar buang air kecil,” ucap Okky.

Ia merasakan debu di lantai lapangan membuat pemain tidak nyaman. “Debu di lapangan bikin sepatu pemain licin, ini membahayakan,” kata Okky.

Hal sama dirasakan asisten tim voli Jakarta, Dadang Sudrajad. Ia melihat akses dari parkir menuju GOR terbilang ekstrem. 

Pada hari pertama uji lapangan mereka harus melintas kubangan air dengan susunan papan. Bahkan, ada pemain terpeleset karena jalan licin, berair, dan berlumpur.

“Tribune atas pun masih ada debu. Atlet saya kemarin ada yang tercebur saat lewat jembatan kayu,” katanya.

Semua kondisi itu membuat pertandingan cabor voli indoor di PON ditunda satu hari. Meski, panitia pelaksana pertandingan mengklaim tidak ada perubahan jadwal.

Koordinator bidang venue dan perlengkapan pertandingan, Sugianto Asta, mengatakan tidak ada penundaan jadwal. Namun diakui ada masalah teknis, misalnya fasilitas pendukung yang belum lengkap.

“Mudah-mudahan yang di belakang itu bisa diaspal, supaya mobil bisa masuk. Kalau tidak, mereka jauh jaraknya dari luar ke lapangan, apalagi kalau hujan pasti becek,” katanya.

Soal keluhan peserta terkait kondisi lapangan berdebu, itu karena sepatu yang digunakan berdebu setelah melintas di jalan yang belum beraspal. Namun, pihaknya telah menyiapkan petugas kebersihan agar bisa segera menyelesaikan masalah tersebut.

“Kami rapat koordinasi dengan semua bidang kebersihan. Di dalam kami meminta 80 ember di kamar mandi, sehingga mudah-mudahan fasilitas lain sudah siap,” ucap Sugianto.

Pada PON 2024 cabor voli indoor memperebutkan dua medali emas yakni putra dan putri. Sektor putra diikuti 10 tim dan putri 9 tim.

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI