RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Harap PON 2024 Lahirkan Atlet-atlet Terbaik

Presiden Harap PON 2024 Lahirkan Atlet-atlet Terbaik

9 September 2024 22:17 WIB
Presiden Harap PON 2024 Lahirkan Atlet-atlet Terbaik
Presiden Joko Widodo saat memberi sambutan Pembukaan PON XXI di Stadion Harapan Bangsa, Aceh, Senin (9/9/2024). (Foto: tangkap layar Sekretariat Presiden)

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Stadion Harapan Bangsa, Senin (9/9/2024). Presiden Jokowi tampak didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi. 

Dalam sambutan pembukaan PON, Presiden mengatakan, PON merupakan ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa. PON juga ajang melahirkan atlet-atlet pemecah rekor dunia dan juga calon peraih medali emas berbagai ajang kompetisi olahraga dunia.  

"PON ini adalah ajang melahirkan lebih banyak atlet-atlet terbaik bangsa, melahirkan lebih banyak pemecah rekor dunia. Melahirkan lebih banyak calon peraih medali emas di Asian Games, SEA Games, dan OIlimpiade," ujar Presiden. 

Presiden berujar, ada pula yang tak kalah penting, yaitu PON menjadi ajang mempererat tali persaudaraan dan persatuan bangsa. "Yang tidak kalah penting, PON juga ajang kita untuk mempererat persatuan kita, memperkokoh tali persaudaraan persatuan kita," kata Presiden. 

Tak lupa, Presiden juga berterima kasih kepada pemerintah Provinsi Aceh dan masyarakat Aceh. Karena sudah menjadi tuan rumah untuk pembukaan PON ke-21 Aceh-Sumatera Utara. 

Lantas Kepala Negara berpesan, agar sportifitas dan fair play tetap dipegang teguh oleh semua pihak. Dan merayakan PON dengan semangat sportifitas mengukir prestasi membanggakan negeri. 

"Mari kita semua rayakan PON ini dengan semangat kebersamaan, dengan semangat sportivitas. Dan kegembiraan untuk mengukir prestasi yang membanggakan negeri," ucap Presiden. 

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim PON Ke-21 Aceh-Sumatera Utara saya nyatakan dibuka. Terima kasih," kata Presiden. 

PON XXI bertema “Ayo Olahraga: Bersatu Kita Juara”. PON Aceh-Sumut 2024 sendiri merupakan edisi istimewa, karena untuk pertama kalinya diselenggarakan di dua provinsi sekaligus. 

PON diikuti lebih dari 7.000 atlet dari seluruh Indonesia di 37 cabang olahraga. Seperti voli indoor, sepak bola, billiard, anggar, angkat besi, dan masih banyak yang lainnya.

Pewarta: Pradipta Rahadi
Editor: Haidar Ilyas
Sumber: RRI