RRI

Tiga Atlet Legendaris Bawa Obor PON Aceh-Sumut

9 September 2024 21:22 WIB
Tiga Atlet Legendaris Bawa Obor PON Aceh-Sumut
Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya (kedua kanan) membawa obor saat kirab api PON XXI Aceh-Sumut 2024 menuju pendopo Gubernur Aceh di Banda Aceh, Aceh, Sabtu (7/9/2024). (Foto: ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww.)

KBRN, Banda Aceh: Tiga atlet menjadi pembawa obor dalam upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara (Sumut) 2024. Tati Ratna Ningsih, Emma Susana Madjaji, dan Alkindi menjadi pembawa obor api kaldron di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) malam.

Tati Ratna Ningsih merupakan atlet lempar lembing yang pernah menjuarai perunggu SEA Games 1993 di Singapura. Dirinya akan didampingi oleh Alkindi dan Ema Susana Madjaji yang merupakan atlet anggar.

Alkindi sendiri pernah tampil di Olimpiade Seoul 1988. I juga menjadi atlet asal Aceh pertama yang lolos ke Olimpiade.

Sementara itu, atlet angkat besi asal Aceh Utara, Nurul Akmal akan menyulut api ke kaldron utama. Amel, sapaan akrabnya, sebelumnya sudah mengikuti dua perhelatan Olimpiade, yakni di Tokyo 2020 dan Paris 2024.

Obor api PON XXI telah dibawa ke Stadion Harapan Bangsa (SHB) setelah tiba di Pendopo Gubernur Aceh, Sabtu (7/9/2024). Obor api PON tersebut secara simbolis diserahkan dari Pj. Wali Kota Banda Aceh Ade Surya kepada Pj. Gubernur Aceh Safrizal ZA.

Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang. Api obor PON sendiri memiliki makna sebagai simbol persatuan, sportivitas, dan kebanggaan nasional. 

PON XXI 2024 akan menyelenggarakan sebanyak 65 cabang olahraga, 87 disiplin, dan 1.042 nomor pertandingan digelar di 20 kabupaten/kota di Aceh dan Sumatera Utara. PON akan menjadi ajang kompetisi yang sekaligus menjadi panggung unjuk hasil pembinaan prestasi olahraga daerah.

Empat daerah otonomi baru (DOB) yakni Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Selatan melakoni debut mereka di PON. Kontingen Ibu Kota Nusantara (IKN) juga akan ikut serta dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Sedikitnya 13.000 akan atlet bersaing menjadi yang terbaik pada pesta olahraga terbesar di Indonesia ini. Sementara itu, upacara penutupan dalam pesta olahraga nasional yang dijadwalkan berlangsung pada 20 September 2024.

Pewarta: Rifki
Editor: Haidar Ilyas
Sumber: RRI