RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Heroisme Laksamana Malahayati akan Mewarnai Pembukaan PON 2024

Heroisme Laksamana Malahayati akan Mewarnai Pembukaan PON 2024

9 September 2024 10:50 WIB
Heroisme Laksamana Malahayati akan Mewarnai Pembukaan PON 2024
Ribuan pelaku seni dan anak-anak Aceh yang tampil dalam pembukaan PON 2024 akan menggambarkan heroisme Laksamana Malahayati (Foto: RRI/Aulia)

KBRN, Aceh: Suasana meriah begitu terasa ketika memasuki Stadion Harapan Bangsa di Kota Banda Aceh. Ribuan pengisi acara yang terdiri dari pelaku seni dan anak muda Aceh dilibatkan.

Mereka akan tampil pada pembukaan PON 2024 Aceh-Sumut yang akan dikemas spektakuler. Tarian Saman dan Ratoh Jaroe massal dengan iringan musik karya komposer Andi Rianto.

Selain itu juga ada penampilan kolosal tentang kisah heroik Laksamana Malahayati, yang akan diperankan juga oleh ribuan oleh anak-anak Aceh. Koreografer Riska Sebrina menerangkan, mereka sudah siap menyuguhkan tarian dan seni kolosal kepada tamu undangan.

"Teman-teman sudah siap untuk menampilkan yang terbaik bagi para tamu undangan dari berbagai penjuru negeri,"kata Riska.

Keumala Hayati, lebih dikenal sebagai Malahayati, adalah salah satu pahlawan besar dari Aceh yang dikenal karena keberanian dan kepemimpinannya melawan penjajah kolonial di abad ke-16. Keberaniannya dalam pertempuran ini membuatnya diangkat menjadi laksamana oleh Sultan Aceh.

Pada Minggu (8/92024) malam gladi bersih juga sudah dilakukan. Tak hanya seni tradisi, dua artis Indonesia berdarah Aceh juga bakal dilibatkan dalam pembukaan itu, yakni Virzha dan Nabila Taqiyyah.

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 21 Aceh-Sumut 2024 dijadwalkan akan berlangsung Senin(9/9/2024) malam mulai pukul 20.00 WIB. 


Pewarta: Muhammad Aulia Rahman
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI