RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Merasakan Ekstremnya Tantangan Sirkuit Downhill PON 2024

Merasakan Ekstremnya Tantangan Sirkuit Downhill PON 2024

9 September 2024 10:32 WIB
Merasakan Ekstremnya Tantangan Sirkuit Downhill PON 2024
Pembalap MTB putra Jatim, Pandu Satrio Perkasa, setelah melakukan jumping down di lintasan MTB Arena Tahura Bukit Barisan-Karo, Minggu (8/9/2024). Sirkuit downhill di tempat ini diakui sebagai salah satu yang menantang (Foto: PB PON XXI SUMUT/A. ENDRO RUSHARYANTO)

KBRN, Karo: Sirkuit downhill MTB Arena Tahura Bukit Barisan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang menjadi tempat untuk PON 2024. Sirkuit dengan panjang lintasan 1.570 meter ini menawarkan tantangan ekstrem. 

Terletak di kawasan Bukit Barisan, sirkuit ini menyajikan pemandangan alam nan menakjubkan. Keindahan itu disertai berbagai rintangan yang menguji kemampuan dan adrenalin pembalap. 

Semua tantangan lengkap ada di sini. Mulai tikungan tajam, kontur tanah lembek setelah hujan, rock garden penuh bebatuan, table top tak terkira, hingga akar-akar pohon menambah kesulitan lintasan downhill.

Pelatih Timnas Balap Sepeda Indonesia, Dadang Haries Purnomo, mengatakan setiap sirkuit memiliki karakteristik berbeda. Dan, sirkuit downhill di Karo ini menjadi salah satu yang memberi tantangan besar. 

“Sirkuit ini menguji ketangkasan, keberanian. Tentu juga strategi untuk menjadi yang tercepat bagi 22 atlet dari provinsi yang lolos ke PON 2024,” kata Dadang, Senin (9/9/2024).

Sirkuit downhill MTB Arena Tahura Bukit Barisan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi bukti keindahan alam Sumatra Utara yang dipadukan dengan olahraga ekstrem. Penonton akan disuguhi aksi-aksi menegangkan pembalap yang berjuang menaklukkan rintangan di tengah panorama alam memukau.

Pewarta: Sumarsono
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI