RRI

  • Beranda
  • Berita
  • PON 2024 Mempertandingkan Barongsai, Aceh Raih Lima Medali

PON 2024 Mempertandingkan Barongsai, Aceh Raih Lima Medali

9 September 2024 06:50 WIB
PON 2024 Mempertandingkan Barongsai, Aceh Raih Lima Medali
Tim Barongsai Aceh di PON 2024 Aceh-Sumut (Foto: KONI Aceh)

KBRN, Deli Serdang: Untuk pertama kalinya, cabang olahraga (cabor) barongsai resmi dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024. Sebelumnya, cabor ini hanya menjadi cabang eksibisi pada PON XIX Jawa Barat 2016.

Pertandingan barongsai berlangsung di Martial Arts Arena, Kompleks Sumut Sport Center, Deli Serdang, 4-8 September 2024. Dari 10 nomor yang dipertandingkan, Tim Barongsai Aceh berhasil mencatatkan prestasi membanggakan dengan membawa pulang lima medali.

Aceh meraih dua medali emas dari nomor Pekingsai Kecepatan dan Ketangkasan. Dua medali perak diperoleh dari Pekingsai Taulo Bebas dan Kecepatan.

Satu medali perunggu didapatkan dari nomor Halang Rintang. Pelatih Tim Barongsai Aceh Harianto, yang akrab disapa Acong, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian para atlet.

"Capaian ini adalah hasil kerja keras para atlet, dukungan dari Pengprov Barongsai Aceh, KONI Aceh, dan doa masyarakat Aceh. Untuk sekarang, inilah capaian terbaik yang bisa kami persembahkan bagi Kontingen Aceh," kata Acong dalam keterangan tertulis, Minggu (8/9/2024).

"Ke depan, kita akan tetap melakukan evaluasi, agar para atlet dapat berprestasi lebih maksimal lagi, baik di ajang level nasional dan internasional," katanya.

Ketua Umum KONI Aceh, Kamaruddin Abu Bakar, yang akrab disapa Abu Razak, turut memberikan apresiasi. Menurutnya, prestasi ini menjadi modal Aceh untuk mencapai target 10 besar perolehan medali di PON 2024.

"Ya, kita salut, karena ini merupakan PON pertama yang diikuti oleh atlet barongsai Aceh, dan langsung tampil maksimal dengan meraih dua emas, dua perak dan satu perunggu, ” kata Abu Razak.​

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI