RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pakar Nilai Haornas Momentum Menggerakkan Semangat Berolahraga

Pakar Nilai Haornas Momentum Menggerakkan Semangat Berolahraga

9 September 2024 02:35 WIB
Pakar Nilai Haornas Momentum Menggerakkan Semangat Berolahraga
Tangkapan layar - Ilustrasi peringatan Hari Olahraga Nasional 2024 yang di-posting melalui akun Instagram @jokowi di Jakarta, Senin (9/9/2024). (ANTARA/Andi Firdaus-Setpres)

KBRN, Jakarta: Pakar Manajeman Olahraga, Djoko Pekik Irianto mengatakan, Hari Olah Raga Nasiona (Haornas) 9 September 2024 menjadi momentum untuk menggerakkan semangat berolah raga. Semangat berolah raga ini harus menjadi gaya hidup masyarakat. 

"Tentu dalam konteks olah raga tidak hanya prestasi. Tetapi menggerakkan fisik masyarakat agar tetap sehat dan bugar," kata Djoko. Hal itu dikatakan dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Senin (9/9/2024). 

Selain itu, Djoko berharap olah raga dapat membawa Indonesia berprestasi di perhelatan kompetisi olah raga dunia. Dengan melakukan prestasi olah raga yang dilakukan atlet-atlet Indonesia.

"Prestasi olah raga Indonesia tahap demi tahap mulai nampak. Seperti di Olimpiade Paris kita sudah bisa mendapatkan medali dibanding olimpiasde lalu," ujarnya.

Meski demikian, kata dia, prestasi olah raga Indoneasia harus terus didorong. Hal itu agar pembinaan prestasi olah raga tersistem dan terarah menuju ke prestasi dunia.

"Prestasi tidak hanya sekedar daerah, nasional maupun regional. Itu  yang harus kita sepakati bersama," ucapnya. 

Lebih lanjut, Djoko menyampaikan prestasi cabang olah raga satu dengan yang lain berbeda. Seperti, Bulutangkis yang prestasinya kurang menggembirakan.  

"Tapi di cabang olah raga lain. Seperti angkat besi dan panjat dinding mulai menampakkan nyalinya untuk berprestasi," katanya.  

Kondisi ini, kata dia, menjadi peluang bagi semua pembina olah raga untuk menunjukkan prestasi di dunia. Hal ini mengingat untuk berprestasi tidak hanya di Bulutangkis. 

"Saya yakin cabang yang lain pun mampu. Sehingga, kita harus mendorong agar pembinaan olah raga lebih masif lagi," ujarnya.

Diketahui, Tanggal 9 September 2024 adalah peringatan nasional bernama Hari Olahraga Nasional (Haornas). Tema pada tahun ini “Ayo Berolahraga: Bersatu Kita Juara” yang mencerminkan komitmen untuk terus membina dan mengembangkan olahraga di berbagai kalangan masyarakat. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak insan olahraga untuk meraih prestasi terbaik dengan mengedepankan semangat sportivitas, integritas, dan kerja keras melalui peringatan Hari Olahraga Nasional 2024.

Ajakan itu menjadi rangkaian kalimat ucapan selamat Hari Olahraga Nasional tahun ini.Disampaikan Presiden Jokowi melalui akun media sosial Instagram @jokowi dilansir di Jakarta, Senin (9/9/2024) seperti dikutip Antaranews.com. 

"Hari ini adalah momentum untuk para atlet dan penggemar olahraga agar selalu mengutamakan semangat sportivitas, integritas, dan kerja keras dalam mencapai prestasi terbaik," katanya.

 


Pewarta: Iman
Editor: Nugroho
Sumber: RRI