RRI

  • Beranda
  • Berita
  • ​PON 2024, Langit-langit Aceh Bakal Diwarnai Kembang Api

​PON 2024, Langit-langit Aceh Bakal Diwarnai Kembang Api

7 September 2024 16:05 WIB
​PON 2024, Langit-langit Aceh Bakal Diwarnai Kembang Api
Pj Wali Kota Ade Surya (tengah) menyulutkan api saat kirab api PON 2024 AcehSumut 2024 di Banda Aceh, Aceh, Jumat (6/9/2024). Kirab api PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah mengelilingi 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh yang selanjutnya disemayamkan di pendopo Wali Kota hingga pembukaan PON pada 9 September mandatang di stadion Harapan Bangsa. (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/agr)

KBRN, Aceh: Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut dipastikan berlangsung meriah pada Senin (9/9/2024) malam. Acara pembukaan tersebut akan diwarnai atraksi-atraksi spektakuler, seperti salah satunya pertunjukan kembang api.

Pertunjukan kembang api itu akan menghiasi langit Banda Aceh, disaat acara dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kepala Bidang Upacara PON XXI Aceh-Sumut Wilayah Aceh, Akkar Arafat mengatakan, pertunjukan kembang api akan dilakukan sebanyak dua kali dalam seremoni pembukaan.

"Kembang api pertama akan diletuskan saat kaldron api PON 2024 dinyalakan, berlangsung selama satu menit. Kembang api kedua akan mewarnai langit setelah acara penutupan dan undangan mulai meninggalkan lokasi sekitar pukul 22.30 WIB," kata Akkar dalam keterangan persnya, di Aceh, Sabtu (7/9/2024).

Akkar mengungkapkan, kembang api ini diperkirakan akan berlangsung selama tiga menit. Yakni, dengan tampilan yang lebih megah dan suara dentuman yang menggelegar.

“Kembang api pada pembukaan ini akan menyala besar di atas langit, dentuman suaranya juga akan sangat besar menggelegar. Semoga masyarakat tidak terkejut dan justru ikut menikmati keindahan yang disajikan pada saat pembukaan nanti," ucap Akkar.

Tidak hanya atraksi kembang api, kata Akkar, acara pembukaan juga menyuguhkan tarian kolosal. Tarian itu akan menampilkan kisah perjuangan Laksamana Malahayati, tokoh perempuan pahlawan dari Aceh.

"Tarian ini diharapkan memberikan nuansa budaya yang kaya dan membangkitkan semangat perjuangan di ajang olahraga nasional terbesar ini. Masyarakat Aceh dan Sumatra Utara turut meramaikan pembukaan PON XXI ini," ujar Akkar.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI