RRI

Kirab Obor PON XXI Tiba di Banda Aceh

6 September 2024 21:27 WIB
Kirab Obor PON XXI Tiba di Banda Aceh
Mantan atlet tarung derajat Banda Aceh Ali Akbar memegang obor api saat tiba di Balai Kota Banda Aceh, Jumat (6/9/2024) (Foto: ANTARA/Khalis Surry)

KBRN, Banda Aceh: Kirab obor api Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 akhirnya tiba di Kota Banda Aceh, Jumat (6/9/2024). Kirab obor tiba setelah mengelilingi wilayah provinsi berjulukan Tanah Rencong itu dengan melintasi 23 Kabupaten/Kota.

Sumber api obor PON XXI Aceh-Sumut tersebut diambil dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang, pada Selasa (27/8/2024) lalu. Pj. Wali Kota Banda Aceh Ade Surya mengatakan, kirab api ini melambangkan semangat kebersamaan.

"Kirab api ini merupakan simbol semangat dan kebersamaan. Sebuah api yang membakar semangat kita untuk berkompetisi secara fair dan sportif," kata Ade Surya dalam keterangan resminya, Jumat (6/9/2024).

Lebih lanjut, Ade menegaskan, PON merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia. Ajang ini akan mempertemukan para atlet terbaik dari berbagai daerah untuk bertanding dalam berbagai cabang olahraga.

"Melalui PON ini, kita dapat menunjukkan kepada dunia bahwa Aceh akan menjadi tuan rumah yang sukses. Dan mampu menyelenggarakan event nasional ini dengan baik," ujarnya menambahkan.

Kirab api PON XXI dimulai dari Pulau Weh Sabang, menuju Kabupaten Aceh Jaya, Aceh Jaya, Aceh Barat, hingga Simeulue. Kemudian dilanjutkan ke wilayah Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, dan Aceh Singkil, Subulussalam. 

Selanjutnya, kirab obor berjalan ke Aceh Tenggara, Gayo Lues, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, Lhokseumawe, Bireuen. Kemudian ke Bener Meriah, Aceh Tengah, Pidie Jaya, Pidie, Aceh Besar, dan berakhir di Banda Aceh.

Peserta kirab obor api PON XXI disambut ribuan pelajar yang berdiri di pinggir jalan protokol ketika memasuki ibu kota Banda Aceh hingga ke Balai Kota. Ribuat pelajar dengan penuh semangat mengibarkan bendera merah putih ukuran mini di tangannya.

Setiba di balai kota, mantan atlet tarung derajat Banda Aceh Ali Akbar yang memegang obor api itu langsung menyerahkan kepada Pj Wali Kota Banda Aceh Ade Surya saat rangkaian upacara. Selanjutnya, obor api tersebut akan bermalam di Pendopo Wali Kota Banda Aceh.

Kemudian obor api akan diserahkan ke Pemerintah Aceh pada Sabtu (7/9/2024). Kemudian, api akan disulut pada obor kaldron malam pembukaan PON XXI Aceh-Sumut.

Presiden RI Joko Widodo akan membuka PON XXI Aceh-Sumut di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (9/9/2024) pukul 20.30 WIB. Upacara pembukaan akan dilakukan secara hybrid, karena akan terhubung juga ke tadion Baharuddin Siregar, Deli Serdang, Sumatra Utara.

Pewarta: Rifki
Editor: Seprianto
Sumber: RRI