RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Panitia PON XXI Gelar Pengibaran Bendera Kontingen

Panitia PON XXI Gelar Pengibaran Bendera Kontingen

6 September 2024 21:23 WIB
Panitia PON XXI Gelar Pengibaran Bendera Kontingen
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Provinsi Sumatra Utara M. Mahfullah Pratama Daulay saat konferensi pers di Media Center PON XXI di Hotel Santika Dyandra, Medan, Jumat (6/9/2024) (Foto: PB PON)

KBRN, Medan: Pengibaran bendera kontingen PON XXI Aceh-Sumatra Utara 2024 akan dilaksanakan pada Minggu (8/9/2024), sehari sebelum pembukaan acara. Pemberitahuan tersebut disampaikan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Wilayah Sumatra Utara.

 "Jadi tanggal 8 September ada upacara pengibaran bendera kontingen di halaman Gedung Astaka Disporasu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada pukul 07.30 WIB," kata Ketua Bidang Upacara PB PON XXI Wilayah Sumatra Utara Mahfullah P Daulay di Media Center PON XXI, Hotel Santika, Medan, Jumat (6/9/2024).

Menurutnya, total bendera yang akan dikibarkan adalah 39 buah. Masing-masing terdiri dari 38 bendera yang mewakili masing-masing provinsi dan satu bendera untuk IKN.

Sebanyak 124 orang panitia akan terlibat dalam pengibaran dan penurunan bendera, termasuk cadangan. Para pengibar bendera ini merupakan anggota Satpol PP Provinsi Sumatra Utara yang telah menjalani pelatihan khusus.

Pelatihan tersebut dilakukan oleh tim internal dan berkolaborasi dengan TNI. Selain pengibaran bendera, kegiatan penurunan bendera juga akan dilaksanakan pada 19 September sore, sehari sebelum penutupan PON XXI.

Acara pembukaan resmi PON XXI akan diadakan pada 9 September 2024 pukul 20.30 WIB di Aceh. Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan hadir dalam acara tersebut.

Sumut juga akan mengadakan acara pembukaan serupa untuk memeriahkan perhelatan olahraga nasional ini.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI