RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing PON

Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing PON

12 September 2024 07:12 WIB
Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Panjat Tebing PON
Kiromal Katibin (depan kanan) atlet panjat tebing Jawa Tengah berhasil meraih emas PON 21 Aceh-Sumut 2024 pada nomor perorangan speed WR perorangan putra (Foto: RRI/Syahrul)

KBRN, Aceh: Kiromal Katibin atlet panjat tebing Jawa Tengah berhasil meraih emas PON 2024 Aceh-Sumut sekaligus memecahkan rekor ajang ini. Ia meraih emas di nomor perorangan speed WR perorangan putra yang berlangsung di arena panjat tebing Harapan Bangsa Banda Aceh, Rabu (11/9/2024). 

Kiromal Katibin dalam laga final melawan wakil Jawa Timur, Moch Rizki Samudra Dewantara dengan catatan waktu 4,83 detik. Adapun lawannya, mencatatkan waktu 5,6 detik.

Rian Gordon Sitorus asal Sumut yang memenangkan perebutan perunggu dari wakil Jawa Timur Rahmat Adi Mulyono dengan catatan waktu 4,96 berhak atas medali perunggu. Sebelum meraih medali emas Kiromal mampu mengalahkan atlet asal Kalimantan Barat Veddriq Leonardo di perempat final.

Perolehan emas yang didapatkan Kiromal ini juga menjadi medali emas pertama cabor panjat tebing Jawa Tengah di PON 21. Kiprahnya di PON kali ini sekaligus memperbaiki perolehan medalinya di PON Papua 2021 lalu.

Kiromal kala itu hanya mampu meraih perunggu dengan catatan masih di atas 5 detik. Ajang ini juga merupakan bagian persiapan Kiromal menatap Olimpiade Los Angeles 2028.


Pewarta: Muhammad Aulia Rahman
Editor: Seprianto
Sumber: RRI