RRI

Jakarta Sapu Bersih Emas Catur Kilat PON 2024

12 September 2024 08:33 WIB
Jakarta Sapu Bersih Emas Catur Kilat PON 2024
Pecatur DK Jakarta GM Novendra Priasmoro (tengah) usai pengalungan medali emas di Mickey Holiday, Berastagi, Sumatra Utara. (Foto: PB Percasi/Istimewa)

KBRN, Berastagi: Kontingen DK Jakarta menyapu bersih medali emas catur kilat PON 2024 Aceh – Sumatra Utara yang berakhir Rabu (11/9/2024) di Mickey Holiday, Berastagi, Sumut. Jakarta merebut semua medali emas di empat nomor catur kilat (3 menit plus increament 2 detik) yang dipertandingkan. 

Pada nomor perorangan putra, DK Jakarta meraih emas melalui Grand Master (GM) Novendra Priasmoro dengan 7,5 poin. Medali perak diraih Master Fide (MF) Arif Abdul Hafiz dari Jawa Barat, lalu perunggu diraih Kandidat Master Muhammad Kamalsyah dari Kalimantan Barat.

Master Internasional Wanita (MIW) Ummi Fisabilillah melengkapi sukses Jakarta dengan menyabet emas di nomor perorangan putri dengan 8 poin. Grand Master Wanita-Master Internasional (GMW-MI) Irene Kharisma harus puas mendapat perak, dan perunggu diraih MIW Chelsie M Sihite dari Kalimantan Timur.

Diperkuat Master Fide (MF) Masruri Rahman, MI Azarya Jodi Setyaki, MI Gilbert Elroy Tarigan dan MI Aditya Bagus Arfan, DKI Jakarta merebut medali emas setelah mengumpulkan poin tertinggi 17 MP. Medali perak diraih Gorontalo dengan 15 MP dan medali perunggu diraih Banten yang juga meraih 15 MP.

Sementara Jawa Barat yang diperkuat para pecatur top nasional seperti MI Muhammad Lutfi Ali, MI Farid Firmansyah, MI Anjas Novita dan MF Anjas Novita gagal meraih medali. Mereka tercecer di urutan kelima mengemas 10 MP. 

DK Jakarta memastikan sapu bersih emas catur kilat. Mereka juga menjadi yang terbaik di beregu putri. 

Menurunkan MIW Cecilia Natalie Liuviann, MCW Theodora Paulina Walukow, MFW Christine Elisabeth dan MIW Laysa Latifah, Jakarta sukses menorehkan poin tertinggi 17 MP. Lalu disusul Jawa Barat yang meraih perak dengan 16 MP dan Jawa Tengah meraih perunggu dengan 14 MP. 

Setelah merampungkan pertandingan di nomor catur kilat perorangan-beregu putra-putri yang memperebutkan empat medali emas. Pertandingan cabor catur di PON 2024 dilanjutkan dengan perebutan empat medali emas di nomor catur cepat, Kamis (12/9/2024) berlangsung selama 9 babak. 

 

 

Pewarta: Indra Virgiantara
Editor: Allan
Sumber: RRI