RRI

Atlet Panjat Tebing Banten Cetak Rekor Baru PON

12 September 2024 11:14 WIB
Atlet Panjat Tebing Banten Cetak Rekor Baru PON
Atlet panjat tebing Banten Rajiah Sallsabillah (kiri) beradu cepat dengan Amanda Narda Mutia asal Jawa Timur pada nomor speed perorangan putri PON XXI Aceh-Sumut 2024 di arena panjat tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh, Rabu (11/9/2024). Rajiah Sallsabillah berhasil meraih medali emas sedangkan medali perak diraih Desak Made Rita Kusuma Dewi dan perunggu diraih Amanda Narda Mutia. (Foto: ANTARA/Budi Candra Setya/pras)

KBRN, Aceh: Atlet Panjat Tebing asal Banten, Rajiah Sallsabillah mencetak rekor baru waktu tercepat dalam cabor tersebut. Rajiah meraih waktu 6,22 detik dan sukses mendapatkan medali emas dalam ajang PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Rekor tersebut ditorehkan Rajiah ketika bertanding di Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Rabu (11/9/2024). Mendapat rekor baru dan emas, Rajiah mengaku, tidak mau berpuas hati.

"Kemenangan ini sebagai langkah awal menuju impian yang lebih besar. Saya ingin membawa Indonesia semakin dikenal di dunia olahraga, khususnya panjat tebing," kata Rajiah, di Aceh,  Kamis (12/9/2024).

Rajiah mengatakan, dalam meraih prestasi saat ini membutuhkan perjuangan keras selama latihan. Semua itu, membutuhkan dedikasi, ketekunan, dan mental juara yang kuat dalam menghadapi pertandingan.

"Kita harap generasi muda Indonesia terus berprestasi, dan membawa nama Indonesia semakin dikenal di dunia. Ini adalah awal dari perjalanan panjang saya, dan saya berharap bisa terus memberikan yang terbaik bagi bangsa," ucap Rajiah

Prestasi yang didapatkan Rajiah, ternyata bukanlah suatu kebetulan. Perjalanan panjang menuju puncak, tidak bisa mulus dan lancar seperti yang orang pikirkan.

Rajiah menuturkan, memulai perjalanan panjangnya di dunia panjat tebing sejak usia remaja. Latihan yang intensif dan disiplin tinggi adalah bagian dari kesehariannya.

"Setiap hari melawan rasa lelah, cedera, dan kadang-kadang keraguan diri untuk bisa terus maju. Perlu dukungan dari keluarga, pelatih, serta lingkungan sekitarnya menjadi pendorong utama baginya untuk terus berjuang," ujar Rajiah.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI