RRI

Jabar Tantang Jakarta di Final Sepak Bola Putri

12 September 2024 18:59 WIB
Jabar Tantang Jakarta di Final Sepak Bola Putri
Skuad Jabar (biru) mengalahkan Papua Pegunungan di semifinal sepak bola putri PON 2024, Kamis (12/9/2024) (Foto: RRI/Joko Saputro)

KBRN, Deli Serdang: Tim Jawa Barat memastikan tiket final sepak bola putri PON 2024 Aceh-Sumut PON 2024. Kepastian ini didapat setelah Jabar menang 2-0 atas Papua Pegunungan, di Stadion Mini Disporasu, Deli Serdang, Kamis (12/9/2024) sore. 

Dengan hasil ini Jabar akan bertemu Jakarta di final yang sebelumnya sukses menang 2-1 atas Bangka Belitung. Final dijadwalkan berlangsung pada Sabtu mendatang.

Pada awal laga, Jabar yang dimotori sang kapten Tia Darti mencoba bermain ball possesion. Sedangkan Papua Pegunungan mengandalkan counter attack untuk mengancam gawang Jabar.

Menit pertama, Papua Pegunungan dapatkan peluang emas dari sisi kanan dalam kotak penalti. Sayang, sepakan kaki kiri Yunince masih lemah dan mudah dalam dekapan kiper Jabar, Thasza.

Jabar baru bisa unggul 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Reva Oktaviani di menit ke-15. Sepakan kaki kanannya gagal ditepis kiper Papua Pegunungan, Norffince. Hingga babak pertama berakhir skor tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Jabar tidak menggendorkan serangan. Terbukti, Jabar kembali gandakan kedudukan menjadi 2-0 di menit ke-54. 

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada lagi gol tercipta. Jabar lolos ke final dengan kemenangan 2-0. 

Usai laga, pelatih Jabar, Fauzi Bramantio mengatakan secara kolektivitas permainan sudah baik. Apalagi, Papua Pegunungan bukan lawan yang gampang untuk dikalahkan.

Menghadapi Jakarta di final, Fauzi sudah siapkan strategi khusus untuk meladeni permainan Sabreena Dessler dan kawan-kawan. Skuad Jabar berharap jadi yang terbaik.

“Saya akan tetap mengintruksikan untuk bermain sesuai karakter. Ada satu atau dua pemain yang akan dapat pengawalan khusus di laga final,” katanya.

Sementara, Reva Oktaviani bersyukur bisa lolos ke final. Ia berjanji di final lawan Jakarta nanti akan bermain habis-habisan.

"Saya dan teman-teman percaya jauh-jauh datang dari Jabar ingin yang terbaik. Pasti, insyaallah kami mengeluarkan kemampuan maksimal," ujar Reva. 

Pewarta: Joko Saputra
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI