RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Hari Terakhir Hapkido, Empat Daerah Berbagi Medali Emas

Hari Terakhir Hapkido, Empat Daerah Berbagi Medali Emas

13 September 2024 05:20 WIB
Hari Terakhir Hapkido, Empat Daerah Berbagi Medali Emas
Atlet Aceh Yulianto (Merah) yang Berfoto bersama dengan peraih perak dna perunggu, usai babak final di GOR KONIi Banda Aceh, Kamis (12/09/2024). (Foto Edwi/RRI)


KBRN, Banda Aceh : Cabang olahraga Hapkido atlet tuan rumah, Yulianto, yang turun di kelas 54 kg fin putra sukses mempersembahkan medali emas bagi daerahnya di ajang PON 2024 Aceh Sumatra Utara.

Kemenangan yang diraih Yuliyanto tidak dilakukan dengan mudah, namun melalui pertarungan hidup mati untuk mengalahkan rival beratnya yakni Aldi Angga Riandika dari Jawa Tengah.

Dalam babak final yang digelar di GOR KONI Aceh, Banda Aceh, Yulianto yang didukung seribuan suporternya akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 24-20.

Sementara itu di kelas 58 kg putra, Rahmatullah Wahyu Nugroho,  asal DIY meraih emas setelah pertarungan sengit melawan Yudha Aditia Kurniawan dari Papua Barat dengan skor 14-12. 

Usai pertandingan, Yulianto mengungkapkan rasa syukur dan haru atas keberhasilannya. Ia mengakui bahwa kemenangan ini tidak lepas dari dukungan orang tua, masyarakat Aceh, serta teman-temannya di komunitas Hapkido. 

"Dukungan orang tua merupakan salah satu pendorong terbesar dalam kemenangan saya. Emas ini saya persembahkan untuk mereka dan juga untuk pemerintah Aceh," ujar dia.

Selain itu, Yulianto juga mengungkapkan nazarnya sebagian hadiah yang nanti diterimanya bakal disalurkan untuk panta asuhan.

 “Saya berjanji, jika menang, saya akan menyumbangkan sebagian ke panti asuhan," kata dia

Dua medali emas lainnya di bagian putri diraih atlet asal Jawa Tengah Cut Dini Rizka yang mengalahkan Hilda Aia dari Jawa Barat dengan skor telak 24-9 dan Kezia Tesalonia dari Sulut juga meraih emas setelah memang dengan skor 26-13 atas Janitra Cikan asal Kaltim.

Cabor Hapkido Kamis (12/09/2024) menyelesaikan seluruh pertandingannya dan keluar sebagai juara umum adalah DIY yang mengemas 7 emas, 3 perunggu, disusul sulut 3 emas, 2 perak, Jawa barat 2 emas, 5 perak 3 perunggu dan posisi emat besar Jawa Tengah 1 emas, 2 perak dan 7 perunggu.(Edwi)


Pewarta: EdwiPuryono
Editor: Tinus Ohoira
Sumber: RRI