RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Loncat Indah PON Pakai Wasit Asing, Subjektivitas Terkisis

Loncat Indah PON Pakai Wasit Asing, Subjektivitas Terkisis

13 September 2024 19:01 WIB
Loncat Indah PON Pakai Wasit Asing, Subjektivitas Terkisis
Wasit asing yang didatangkan untuk bertugas di PON 2024 Aceh-Sumut membuat cabor ini jadi terjamin netralitasnya (Foto: RRI/Feri Ardiansyah)

KBRN, Medan: Ada yang menarik dalam penyelenggaraan loncat indah di PON 2024 Aceh-Medan. Adalah keberadaan wasit asing yang membuat cabor ini menjadi lebih terjamin netralitasnya dalam penjurian.

Satu di antara legenda renang Indonesia, Ronaldi Herbinto, mengatakan kehadiran wasit asing memberi efek positif. Misalnya kualitas pertandingan menjadi lebih baik dari penyelenggaraan PON sebelum-sebelumnya.

Sejak ikut PON 2004 di Jawa Timur, Ronaldi mengatakan wasit yang sekarang komposisinya sangat bagus. Dan, PON 2024 layak dikenang bagi insan olahraga ini.

“Ada empat juri netral, masing-masing Amerika Serikat dua, India satu, dan Malaysia satu. Itu belum pernah terjadi sepanjang sejarah PON,” kata pria yang juga Ketua Komisi Teknik PB PRSI ini, di tribune penonton Kolam Renang Selayang Medan, Kamis (12/9/2024).

Loncat indah adalah cabang olahraga dari renang, dengan potensi penilaian subjektivitas yang tinggi. Maka kehadiran wasit asing nilai-nilai subjektivitas itu mulai dibersihkan.

“Pemahaman yang negatif bisa dikikis dengan kehadiran juri netral. Mereka yang bertugas di sini juga baru saja pelatihan di Singapura, dan dua di antaranya jadi lulusan terbaik,” ujar Ronaldi.

Dengan adanya pengakuan internasional juri ini, ia menilai penatalaksanaan pertandingan loncat indah sudah jauh lebih baik daripada PON sebelumnya. Kemudian, soal kualitas loncatan atlet loncat indah Indonesia kini semakin meningkat.


Pewarta: Feri Ardiansyah
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI