RRI

Wushu DKI Jakarta dan Sumut Raih Emas PON

13 September 2024 00:35 WIB
Wushu DKI Jakarta dan Sumut Raih Emas PON
Eugenia Diva Widodo menerima medali emas PON 2024 dari nomor Changquan Putri (Foto: PB WI)

KBRN, Medan: Tim Wushu DKI Jakarta dan Sumatra Utara (Sumut) meraih prestasi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024. DKI Jakarta mengumpulkan dua medali emas, dua perak, dan tiga perunggu, sementara Sumut juga meraih dua medali emas.

Di kategori Changquan Putra, Edgar Xavier Marvelo dari DKI Jakarta meraih medali emas pertama bagi timnya. Edgar mencatatkan skor 9,653 poin.

Ia mengalahkan Muhammad Daffa Golden Boy dari Jawa Timur yang meraih medali perak dengan 9,633 poin. Ini adalah medali emas Edgar keempat sejak pertama tampil di PON dan berharap menambah satu medali emas lagi.

Medali emas kedua DKI Jakarta diperoleh Eugenia Diva Widodo di nomor Changquan Putri, dengan skor 9,613 poin. Ini membuat DKI Jakarta sukses mengawinkan medali emas untuk kategori Changquan putra dan putri.

Medali perak pada kategori ini diraih Jennifer Tjahyadi dari Jawa Timur dengan skor 9,610 poin. Sementara, medali perunggu diraih Andrea Simon dari DKI Jakarta dengan 9,603 poin.

Di Sumut, Nicholas menyumbangkan medali emas pertamanya di nomor Taichi Tangan Kosong (Taijiquan) dengan skor 9,640 poin. Ini menjadikannya Raja Taichi Tangan Kosong Nasional.

Medali perak kategori ini diraih Rainer Reinaldy Ferdiansyah dari Jawa Timur dengan skor 9,633 poin. Perunggu diraih Juan Hendy Irmanto dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan 9,606 poin.

"Saya senang bisa menyumbangkan medali emas bagi Sumatra Utara. Target saya berikutnya meraih medali emas nomor Taichi Pedang (Taiji Jian),” kata Nicholas usai pertandingan.

“Saya bangga Nicholas bisa menjadi Raja Taichi Tangan Kosong Nasional,” kata Supandi Kusuma yang juga mantan Ketua Umum PB WI.

Di kategori Nanquan Putra, Sumut meraih medali emas melalui atlet senior, Haris Horatius, dengan skor 9,643 poin. Haris menyebut ini adalah medali emas ketiganya di PON.

Ia menyatakan kebanggaan bisa menutup karier PON-nya dengan prestasi di kampung halaman. Medali perak di kategori ini diraih Nicholas Karanka Adinugroho dari Jawa Timur dengan 9,616 poin.

Sementara, perunggu diraih oleh Akbar Dwi Affandi juga dari Jawa Timur dengan 9,610 poin. Di nomor Nanquan Putri, medali emas diraih Tasya Puspa Dewi dari Jawa Barat dengan skor 9,610 poin.

Medali perak diraih Alinskha Hanamaira dari DKI Jakarta. Sementara, perunggu diraih Agni Agustine Dimonim juga dari DKI Jakarta.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI