RRI

Sumut Memimpin Klasemen Medali Arung Jeram PON

13 September 2024 23:49 WIB
Sumut Memimpin Klasemen Medali Arung Jeram PON
Persaingan atlet arung jeram PON 2024 di Aceh, Jumat (13/7/2024) (Foto: PB FAJI)

KBRN, Ketambe: Sumatra Utara sementara memimpin klasemen perolehan medali cabang arung jeram PON XXI/2024 di Aceh-Sumatra Utara. Sumut memperoleh dua medali emas, satu perak, dan satuperunggu.

Di nomor Down River Race (DRR) kategori R4 putri, tim Sumut meraih medali emas dengan catatan waktu 21 menit 52,33 detik. Mereka mempertahankan posisi terdepan dari start hingga finis, mengungguli Jawa Timur.

Jatim berada di posisi kedua dengan waktu 21 menit 57,77 detik. Sulawesi Utara finis di posisi ketiga dengan waktu 22 menit 03,51 detik.

Yogyakarta mengalami kesulitan dan berada di posisi terakhir akibat kehilangan tenaga di jeram yang deras. Medali emas ini merupakan yang kedua bagi Sumut setelah sebelumnya meraih emas di nomor DRR R6 putri.

Sementara, Aceh berada di peringkat kedua klasemen dengan satu emas dan satu  perak. Aceh memilih tidak tampil di nomor DRR R4 putra sebagai strategi untuk menyimpan tenaga.

Di nomor DRR R4 putra, Jawa Barat mencatatkan kemenangan pertamanya. Mereka meraih medali emas setelah finis dengan waktu 19 menit 53,09 detik, mengalahkan Jawa Timur di posisi kedua.

Jatim mencatatkan waktu 20 menit 08,3 detik. Sumatra Utara menyusul di tempat ketiga berselang hanya 07,23 detik di belakang Jawa Timur.

Jawa Timur, yang hampir meraih medali emas, mengalami insiden di jeram terakhir sebelum finis. Mereka terkena hole yang menyebabkan kehilangan posisi terdepan dan memberikan kesempatan kepada Jabar meraih kemenangan.

Pada Sabtu, 14 September 2024, pertandingan nomor head to head (H2H) R4 putra dan putri akan dilaksanakan. Di babak pertama putri, DI Yogyakarta akan berhadapan dengan Sumatra Barat, Aceh melawan Kalimantan Selatan.

Sementara, Jambi akan berhadapan dengan DKI Jakarta. Babak pertama putra akan mempertemukan Sumatra Utara dengan Aceh, Kalimantan Selatan melawan Sulawesi Utara.

Sementara, Jawa Barat akan menghadapi Sumatra Barat, serta Jambi head to head dengan Jambi.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI