RRI

Atlet 15 Tahun Raih Dua Emas PON 2024

14 September 2024 09:30 WIB
Atlet 15 Tahun Raih Dua Emas PON 2024
Alma Ariella Tsany tunjukkan dua medali emas yang diraihnya dicabang Panjat Tebing PON 2024. Bagi Alma yang berusia 15 tahun, PON adalah debutnya, (Foto: RRI/Edwi)

KBRN, Banda Aceh : Atlet muda berusia 15 tahun dari Jawa Timur, Alma Ariella Tsany, mencuri perhatian di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Atlet panjat tebing ini berhasil meraih dua medali emas dalam debutnya di ajang PON.

Alma meraih emas pertamanya di nomor combine (boulder and lead) perorangan putri di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. Ia mengumpulkan total 171,5 poin, unggul jauh dari tujuh pesaing lainnya.

Dalam wawancara dengan sejumlah media usai pertandingan, Kamis (12/9/2024) Alma mengungkapkan bahwa ia tak menyangka debutnya di PON akan berbuah emas. Ia sempat merasa gugup menghadapi lawan-lawan yang lebih senior.

“Pertama kali ke sini lemes banget. Kan PON pertama, agak grogi juga, enggak nyangka bisa juara satu, karena lawannya berat-berat dan sudah senior,” ujar Alma, gadis kelahiran Gresik, 25 Juli 2009.

Alma kembali meraih emas keduanya pada Rabu, 11 September 2024, untuk nomor combined (boulder and lead) campuran. Bersama rekannya, Putra Tri Ramadani, mereka berhasil mencetak skor 163,9 poin, menjadikan mereka juara di kategori tersebut.

Kesuksesan Alma di PON 2024 tidak terlepas dari dukungan keluarga dan tim. “Ini PON pertama saya dan Alhamdulillah langsung dapat emas, senang banget, apalagi orang tua sangat mendukung,” kata Alma dengan penuh rasa syukur.

Mengenai persiapan menuju PON, Alma bercerita bahwa ia telah melakukan persiapan sejak setahun yang lalu. “Sebelum pra-PON, saya masih di klub, belum masuk pelatda Jatim, setelah beberapa lomba, saya akhirnya masuk ke puslatda untuk PON,” jelasnya.

Putri dari pasangan Lukman Hadi dan Dyah Purwaningsih ini mulai mengenal dunia panjat tebing sejak usia 4 tahun. Ayahnya yang memperkenalkan olahraga tersebut dengan memasukkannya ke klub panjat tebing di Gresik.

Di usia dini, Alma sudah menunjukkan bakatnya dan berhasil meraih peringkat ketiga pada lomba pertamanya saat masih kelas 1 SD. Kini, Alma, siswa kelas 10 di SMA Muhammadiyah 1 Gresik, masih berjuang di tiga nomor lain, yaitu lead perseorangan, boulder beregu, dan lead beregu.

Panjat tebing di PON 2024 mempertandingkan total 16 nomor. Ada pun jumlah atlet berpartisipasi sebanyak 103 atlet putra dan 85 atlet putri dari 26 provinsi. (Edwi)

Pewarta: EdwiPuryono
Editor: witokaryono
Sumber: RRI