RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Raih Emas PON, Baasith Masa Depan Panahan Indonesia

Raih Emas PON, Baasith Masa Depan Panahan Indonesia

14 September 2024 13:40 WIB
Raih Emas PON, Baasith Masa Depan Panahan Indonesia
Pemanah muda asal Jawa Barat Ahmad Khoirul Baasith ketika diwawancarai media, Sabtu (14/9/2024) siang, usai memastikan emas di nomor recurve perseorangan putra PON XXI tahun 2024 di arena panahan Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. (rri.co.id: Rosihan Anwar)

KBRN, Jakarta: Atlit Jawa Barat cabang olahraga panahan, Ahmad Khoirul Baasith menjadi juara pada nomor recurve perseorangan putra pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumatra Utara. Ia bertarung di partai final, Sabtu (14/9/2024) siang, di Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Pemanah muda ini juga peraih perunggu Asian Games 2022. Bahkan, sukses mengalahkan seniornya Riau Ega Agatha.

"Saya sangat senang dan bersyukur dengan hasil ini. Alhamdulillah bisa melaluinya," kata Khoirul.

Ia pun menceritakan, pengalaman di timnas, baik di ajang Sea Games hingga Asian Games. Di mana telah membentuk dirinya menjadi atlet yang tangguh. 

Terlebih lagi, ia dan rekan sesama pelatnas menghadapi pemanah-pemanah terbaik Asia yang sebagian di antaranya memiliki prestasi dunia. Contohnya juara dunia dari Korea Selatan ketika di Asian Games 2022.

"Di sana pengalaman yang saya pelajari, banyak atlet-atlet senior. Sehingga saya banyak belajar apa yang harus saya lakukan ketika bertanding," ucap atlet binaan Pakansari Archery Club itu. 

Sementara itu, Pelatih Jawa Barat asal Korea Selatan (Korsel) Park Younggeol mengatakan, anak didiknya itu memiliki potensi besar. Emas di nomor recurve perseorangan putra pada PON XXI tahun 2024 menjadi bukti.

Park yakin Ahmad Khoirul Baasith merupakan salah satu atlit terbaik di Indonesia. Baasith yang masih muda juga memiliki karir yang panjang. 

"Dari sisi teknik dia mirip dengan atlet-atlet terbaik Korea. Hanya saja karena dia masih muda, mentalnya masih belum stabil," ujar Park. 

Park Younggeol mengatakan, jika Baastih terus bekerja keras, percaya diri, dan mampu meningkatkan mental bertanding, maka Baasith berpeluang berprestasi hingga olimpiade.  "Kalau mentalnya diperbaiki, saya rasa dia bisa mendapat medali di olimpiade," kata Park.

Pewarta: Rosihan Anwar
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI