RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Raih Emas, Dianandra Buktikan Atlet Berkeluarga Tetap Berprestasi

Raih Emas, Dianandra Buktikan Atlet Berkeluarga Tetap Berprestasi

14 September 2024 14:45 WIB
Raih Emas, Dianandra Buktikan Atlet Berkeluarga Tetap Berprestasi
Dianandra Choirunisa bersama putrinya, Sabtu (14/9/2024) siang, usai memastikan medali emas di PON XXI tahun 2024 dari arena panahan Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh. (rri.co.id: Rosihan Anwar)

KBRN, Banda Aceh: Pemanah putri andalan Jawa Timur, Dianandra Choirunisa, sukses meraih emas di nomor recurve. Ia berasal dari nomor recurve perseorangan putri cabang olahraga panahan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Ia berhasil menaklukkan Aisyah, pemanah andalan Jawa Barat di partai final di arena panahan Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024). "Panahan itu kuncinya adalah bagaimana kita bisa tetap menjaga fokus dan tetap percaya diri sama diri sendiri," kata Dianandra, menjawab pertanyaan awak media tentang kunci keberhasilan dirinya.

Konsistensi memang ditunjukkan atlet kelahiran 16 Maret 1997 itu. Dalam empat edisi PON berturut-turut sejak PON Riau tahun 2012 silam, Dianandra selalu memperoleh emas.

Ia pun berhasil membuktikan meski sudah berkeluarga, ia berhasil meraih prestasi. Baik dari nomor perseorangan, beregu maupun campuran (mix team). 

"Alhamdulillah yang di Riau dapat dua medali emas. Kemudian (PON) di Jawa Barat saya dapat satu emas, satu perak dan satu perunggu," katanya, mengungkapkan.

"Di Papua saya dapat tiga emas. Di sini saya sudah dapat satu emas, dan besok Insyaallah dapat dua emas lagi," ucapnya.

Menariknya, medali emas recurve Dianandra di PON XXI didapat ketika ia telah berkeluarga. Bahkan, memiliki satu orang putri berusia 2 tahun 4 bulan. 

"Alhamdulillah ada anak ini jadi tambah semangat. Biasanya kalau atlet sudah punya anak pasti prestasinya turun, tapi saya ingin memecahkan stigma itu," ujarnya. 

Pewarta: Rosihan Anwar
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI