TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ibu Iriana dan Tim OASE KIM Ajak Publik Peduli Lingkungan Lewat Kunjungan ke Embung MBH IKN

Ibu Iriana dan Tim OASE KIM Ajak Publik Peduli Lingkungan Lewat Kunjungan ke Embung MBH IKN

14 September 2024 16:53 WIB
Ibu Iriana dan Tim OASE KIM Ajak Publik Peduli Lingkungan Lewat Kunjungan ke Embung MBH IKN

TVRINews, Jakarta

Ibu Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin, serta anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) melakukan kunjungan penting ke Embung MBH di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Jumat, 13 September 2024 kemarin. Dimana, kegiatan ini menjadi sorotan karena melibatkan berbagai aktivitas konservasi lingkungan yang bertujuan mendukung ekosistem IKN.

Dalam peninjauan tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menjelaskan pentingnya embung ini untuk konservasi air. 

"Embung ini memiliki kapasitas 66 ribu meter kubik dengan kedalaman 5-6 meter, dan berfungsi untuk menampung air hujan di sekitar kawasan," ujar Basuki. 

Lebih jauh, ia menerangkan jika hal tersebut memiliki fungsi sebagai reservoir dan ia berharap dapat mendukung pengelolaan air dan mencegah bencana kekeringan di masa mendatang.

Acara ini dimulai dengan pelepasan 300 ekor burung dari berbagai spesies seperti kutilang, tekukur, terucuk, dan jalak kebo. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keberagaman hayati dan menyeimbangkan ekosistem di sekitar embung. 

Setelah itu, Ibu Iriana dan anggota OASE KIM melanjutkan dengan pelepasan 350 benih ikan nila merah, yang diharapkan akan berkontribusi pada kesehatan ekosistem perairan embung tersebut.

Ibu Iriana juga melakukan penanaman pohon Pule (alstonia scholaris) di sisi embung sebagai bagian dari upaya pelestarian lingkungan. Penanaman pohon ini merupakan langkah simbolis untuk mendukung perbaikan kondisi ekosistem di sekeliling embung dan meningkatkan kualitas udara.

Kunjungan ini meninggalkan kesan mendalam bagi anggota OASE KIM. Ibu Loemongga Kartasasmita, Ketua Bidang 3 OASE KIM, mengungkapkan kekagumannya terhadap progres pembangunan IKN. 

“Saya sangat senang karena ini pertama kali saya ke IKN. Progres pembangunannya sangat maju, dan suasana pagi ini sungguh indah. Udaranya bersih dan embungnya sudah hijau,” ujarnya.

Senada dengan Ibu Loemongga, Ibu Annisa Pohan Yudhoyono, anggota bidang 1 OASE KIM, merasakan suasana yang sangat berbeda dari Jakarta. 

“Suasana di embung ini sangat tenang dan sejuk. Udara segar yang kami nikmati di sini adalah sesuatu yang sulit didapatkan di Jakarta,” tambahnya.

Kunjungan ini tidak hanya menandai kemajuan pembangunan IKN tetapi juga menunjukkan komitmen pemerintah dan organisasi terkait dalam menjaga dan memelihara lingkungan untuk generasi mendatang.

Baca Juga: Panglima TNI Dampingi Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Wanagama Nusantara dan Resmikan Proyek Progresif di IKN


Sumber: TVRI