RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jakarta dan Jabar Masuk Semifinal Bola Tangan PON

Jakarta dan Jabar Masuk Semifinal Bola Tangan PON

14 September 2024 01:57 WIB
Jakarta dan Jabar Masuk Semifinal Bola Tangan PON
Tim bola tangan putra DKI Jakarta (Foto: PB ABTI)

KBRN, Banda Aceh: Tim bola tangan putra DKI Jakarta dan Jabar melaju ke semifinal setelah memenangkan pertandingan play-off. Pertandingan tersebut berlangsung di GOS Meulaboh, Aceh Barat, Jumat (13/9/2024).

Kedua tim akan bertanding memperebutkan tiket ke final pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh 2024. Pada babak play-off, tim DKI Jakarta mengalahkan Jatim dengan skor 39-33.

Diperkuat lima pemain asal Jakarta Timur, tim DKI tampil solid dengan strategi yang dirancang pelatih M Arif. Jatim yang diperkuat Cavin dan Prasetyo melakukan perlawanan sengit.

Namun, DKI Jakarta berhasil memimpin dengan skor 22-17 hingga turun minum. Pada babak kedua, DKI Jakarta semakin agresif di bawah motivasi Satria.

Kemenangan tersebut mengantarkan juara bertahan PON XX Papua ini ke semifinal. DKI Jakarta akan menghadapi Kaltim.

"Tim DKI dikenal dengan julukan 'Tim Diesel', tambah lama tambah panas. Semua itu dibuktikan oleh para pemain untuk melangkah ke semifinal mengalahkan tim Jatim di babak play off," kata pelatih M Arif.

Di pertandingan lain, Jabar berhasil mengalahkan Sumbar dengan skor 29-24. Pertandingan dipimpin wasit asing dari Thailand, Kasidit Noochan, yang berlangsung ketat.

Jabar memimpin 13-11 di babak pertama. Meski Sumbar berusaha bangkit di babak kedua, tim asuhan pelatih Beni berhasil mempertahankan keunggulan.

Mereka melaju ke semifinal dan akan menghadapi Jateng. Di cabang putri, tim Kaltim menunjukkan dominasinya dengan mengalahkan Riau dengan skor telak 47-15.

Anisa, pemain senior Kaltim, memainkan peran penting dalam kemenangan tersebut dengan menyemangati rekan-rekannya. Dengan hasil ini, Kaltim mengantongi nilai tertinggi di grup A.

Mereka telah mengalahkan Aceh, Jabar, dan Riau, dan akan menghadapi Bali di semifinal. Tim putri DKI Jakarta juga memastikan tempat di semifinal setelah meraih nilai 4, usai mengalahkan Bali dan Bengkulu.

Mereka akan berhadapan dengan Jabar yang masuk semifinal dengan kemenangan WO (Walk Over) atas Aceh karena cedera pemain. Sebelumnya, Jabar kalah dari Kaltim, namun mampu bangkit dengan mengalahkan Riau dan memenangkan pertandingan WO melawan Aceh.

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI