RRI

Persiapan Peparnas XVII 2024 Sudah 80 Persen

14 September 2024 18:11 WIB
Persiapan Peparnas XVII 2024 Sudah 80 Persen
Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun (tengah) saat memberikan penjelasan kepada media terkait persiapan Peparnas (Foto: NPC Indonesia)

KBRN, Solo: Persiapan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 telah mencapai 80 persen. National Paralympic Committee (NPC) Indonesia telah melaporkan kebutuhan ajang ini kepada Presiden, dengan harapan persiapan dapat berjalan lancar.

Peparnas akan dilaksanakan di Kota Solo, 6-13 Oktober 2024 dan menampilkan 20 cabang olahraga. Lebih dari 700 nomor pertandingan akan diselenggarakan pada Peparnas.

Peparnas XVII juga menjadi bagian persiapan menuju ASEAN Para Games 2025, dengan fokus pengembangan atlet potensial. Ketua Pelaksana Peparnas XVII D.B. Susanto memastikan segala persiapan berjalan sesuai rencana.

Namun, masih ada ketidakpastian terkait besaran dana yang akan diterima dari pemerintah pusat. Susanto menegaskan mereka siap melakukan penyesuaian bila diperlukan.

"Kalau dibutuhkan untuk merasionalisasi anggaran kami siap, tetapi jangan sampai pengurangannya tidak proporsional," ujar Susanto, Jumat (13/9/2024).

Dengan tersisa 21 hari, PB Peparnas XVII mengonfirmasi bahwa kesiapan arena mendekati 100 persen. Arena-arena tersebut kini telah disesuaikan agar ramah disabilitas, dengan beberapa penyelesaian akhir seperti pengecatan Velodrome yang dalam proses.

Ketua Umum NPC Indonesia Senny Marbun telah berkomunikasi dengan Presiden Joko Widodo mengenai pelaksanaan Peparnas XVII. Marbun menekankan pentingnya ajang ini dan agar berjalan sesuai rencana.

"Peparnas ini memang yang kita tunggu-tunggu, karena dari sinilah kita akan mencari atlet yang bisa kita asah kedepannya, untuk bisa mengharumkan nama bangsa dan negara," ucap Senny Marbun.

Berikut cabang olahraga yang akan dipertandingkan:

Para Panahan,

Para Atletik,

Para Bulu Tangkis,

Boccia, Para Catur,

Para Balap Sepeda,

Sepak Bola CP,

Para Tenis Meja,

Judo Tunanetra,

Para Angkat Berat,

Para Menembak,

Para Renang,

Para Taekwondo,

Voli Duduk,

Tenpin Bowling,

Anggar Kursi Roda,

Tenis Kursi Roda,

Para E-Sport (eksebisi), dan

Basket Kursi Roda (eksebisi)

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI