RRI

Jatim Tambah Medali Emas dari Panjat Tebing PON

14 September 2024 21:16 WIB
Jatim Tambah Medali Emas dari Panjat Tebing PON
Salah satu peserta lead perorangan putra berada di puncak dinding cabor panjat tebing PON Aceh-Sumut 2024, Sabtu (14/9/2024) (Foto: RRI/Edwi)

KBRN, Banda Aceh: Tim panjat tebing Jawa Timur menambah koleksi medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh Sumut 2024. Keberhasilan ini diraih atlet Putra Tri Ramadani dalam nomor lead perorangan putra dengan skor akhir 42.

Pertandingan berlangsung di arena papan panjat tebing di kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024). Dalam babak final yang menarik perhatian ratusan penonton, Putra Tri Ramadani menunjukkan performa terbaiknya. 

Babak ini juga menarik karena tiga atlet sama-sama mencatatkan skor 42. Selain Putra, dua lainnya adalah Raviandi Ramadhan (Papua) dan Muhammad Rizky Simatupang (Sumatra Selatan).

Penentuan pemenang dilakukan berdasarkan akumulasi hasil semifinal dan Putra meraih nilai tertinggi. Pelatih Tim Panjat Tebing Jawa Timur Danu Iswara juga mengonfirmasi hal tersebut.

“Benar, memang skor yang diraih tiga atlet sama yakni 42. Akhirnya untuk menentukan dihitung hasil babak semifinal di mana Putra Tri berada di peringkat pertama bersama atlet asal Aceh," ujar Danu. 

"Pencapaian itu akhirnya menjadi tambahan nilai untuk babak final. Dan Putra Tri menjadi 42+,” katanya.

Nafatika Astuti (Jateng) peraih emas di nomer boulder perorangan putri berfoto bersama dua atlet Jawa Timur peraih perak dan perunggu

Danu berharap timnya dapat  meraih perolehan maksimal tujuh medali emas dalam cabang panjat tebing PON kali ini. Pada hari yang sama, atlet Jawa Tengah, Nafatika Astuti, juga meraih medali emas di nomor boulder putri. 

Medali perak diraih Nur Sakdia dari Jawa Timur. Sementara, medali perunggu diraih oleh Kharisma Ragil Rakasiwi, juga dari Jawa Timur.

Jatim kini di peringkat pertama klasemen perolehan medali panjat tebing dari tambahan medali emas nomor lead perorangan putra. Jatim total mengoleksi empat medali emas, tiga medali perak, dan dua medali perunggu. 

Posisi kedua dipegang Jawa Tengah dengan dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu. Papua berada di posisi ketiga dengan satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu.

Cabang ini memperebutkan total 16 medali emas. Tujuh medali emas masih tersedia untuk nomor beregu, lead beregu putra-putri, boulder beregu putra-putri, dan speed klasik berpasangan. (Edwi)

 

Pewarta: EdwiPuryono
Editor: Nugroho
Sumber: RRI