RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Empat Kali PON, Penantian Jateng di Wushu Berakhir

Empat Kali PON, Penantian Jateng di Wushu Berakhir

14 September 2024 22:22 WIB
Empat Kali PON, Penantian Jateng di Wushu Berakhir
Atlet Jateng Alexandra Calista Setiawan (tengah) selebrasi usai raih emas di PON 2024 (Foto: Media Officer PON 2024/PFI Medan/RadenArmand)

KBRN, Deli Serdang: Alexandra Calista Setiawan, kontingen Jawa Tengah, berhasil mempersembahkan medali emas di nomor Taolu Taijijian Putri. Alexandra mencatatkan skor 9,626, berhasil mengakhiri penantian medali emas Jawa Tengah di nomor ini setelah empat PON terakhir.

Kemenangan ini menjadi pencapaian luar biasa bagi Alexandra setelah bertahun-tahun menantikan emas di nomor tersebut. Alexandra berharap prestasi ini dapat membuka jalan baginya untuk bersinar di kancah internasional.

"Medali ini untuk semua yang mendukungku, terutama keluarga dan pelatih," ujar Alexandra di GOR Disporasu kab. Deli Serdang, Sabtu (14/9/2024). Di nomor ini, medali perak diraih Salwaa Dhana Azalia dari DKI, sementara perunggu oleh Alisya Mellynar dari Jatim.

Selain Taijijian Putri, medali emas di nomor Nandao & Nagun Putra diraih Harris Horatius dari Sumut. Wakil Jatim, Terrence Tjahyadi, merebut perak, dan Ahmad Ghozali Fuaiz dari Jatim membawa pulang perunggu.

Di nomor Taijijian Putra, Nicholas dari Sumut membawa pulang medali emas dengan penampilan yang sangat memukau. Perak diraih oleh Juan Hendy Irmanto dari DIY, sedangkan Rainer Reinaldy Ferdiansyah dari Jatim merebut perunggu.

Untuk kategori Nandao & Nangun Putri, atlet DKI Agni Agustine Dimonim sukses mengamankan medali emas. Perak diraih Aqila Ghaida Fuaizah dari Jatim, dan perunggu oleh Tasya Ayu Puspa Dewi dari Jabar.

Cabang olahraga wushu di PON XXI Aceh-Sumut berlangsung dari 12 hingga 15 September 2024. Sebanyak 29 medali emas, 29 perak, dan 40 perunggu diperebutkan dari 29 nomor pertandingan.

Hingga hari ketiga, Jatim memimpin klasemen sementara dengan 5 emas, 8 perak, dan 5 perunggu. DKI Jakarta berada di posisi kedua dengan 5 emas, 4 perak, dan 5 perunggu, disusul Sumut dengan 4 emas.

Pewarta: Kharisma Rizky Yulistiadi
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI