RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Jokowi: PON-Papua Panggung Kesetaraan dan Keadilan

Jokowi: PON-Papua Panggung Kesetaraan dan Keadilan

2 Oktober 2021 18:50 WIB
Jokowi: PON-Papua Panggung Kesetaraan dan Keadilan

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengatakan, PON Papua menjadi kebanggaan rakyat Papua, yang merupakan sebuah panggung kesetaraan dan keadilan di Indonesia.

"Kita bangga berada di tanah Papua. Kota bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON ke XX, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," ungkap Jokowi saat membuka PON XX Papua, Sabtu (2/10/2021) petang di Stadion Lukas Enembe.

PON Papua menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional.

"PON ini juga punya makna besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. PON ini adalah panggung persatuan, panggung kebersamaan, panggung persaudaraan, PON ini adalah panggung kesetaraan, dan panggung keadilan untuk maju bersama, sejahtera bersama dalam bingkai negara kesatuan republik Indonesia," ungkap presiden.

Acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dimulai, Sabtu (2/10/2021), pukul 19.00 WIB, di Stadion Lukas Enembe.

Opening Ceremony PON XX Papua dibuka dengan lagu yang berjudul 'Aku Papua'. 

Lagu ini dinyanyikan oleh Edo Kondologit, Michael Jakarimilena dan Nowela Elizabeth Auparay.

Lagu 'Aku Papua' merupakan karya mendiang penyanyi Franky Sahilatua.

Pewarta: Cecep Jambak
Editor: Syarif Hasan Salampessy
Sumber: RRI