RRI

Aceh Melaju ke Semifinal Sepak Bola PON 2024

15 September 2024 00:12 WIB
Aceh Melaju ke Semifinal Sepak Bola PON 2024
Pertandingan antara tuan rumah Aceh vs Sulteng yang diwarnai tiga kartu merah, Sabtu (14/2024). (Foto: RRI/Aulia Rahman)

KBRN, Aceh: Tiga kartu merah mewarnai laga antara tuan Rumah Aceh berhadapan dengan Sulewesi Tengah pada babak delapan besar cabor sepak bola PON 2024. Pertandingan digelar di Stadion H Dimurthala, Lampineung, Banda Aceh, Sabtu (14/9/2024) malam.

Sulteng unggul lebih dulu lewat  Wahyu Alman Poru pada menit ke-24. Gol tersebut tercipta setelah Wahyu menerima umpan matang dari Damar dan berhasil menyarangkan bola ke sisi kiri gawang Aceh yang dikawal oleh M. Safrijal.

Tersengat gol tersebut, tuan rumah mencoba bangkit. Bahkan hingga mendekati waktu 2x45 menit tim tamu harus kehilangan tiga pemainnya masing masing Wahyu di menit ke-74, M. Akbar menit 83, dan Muhammad Rizki menit 96 karena mendapatkan kartu merah dari wasit. 

Tuan rumah akhirnya mampu menyamakan skor di menit akhir pertandingan melakui titik penalti setelah pemain belakang Sulteng dianggap melakukan handsball dikotak terlarang. Akmal Juanda yang ditunjuk menjadi eksekutor melaksnakan tugasnya dengan baik.

Pertandingan pun dilanjutkan  dengan perpanjangan waktu. Namun tim Sulteng memilih Walk Out (WO).

Dengan demikian Aceh dinyatakan sebagai pemenang dan melenggang ke semi final. Sebelumnya tim sepak bola putra Jawa Barat juga berhasil melaju ke semifinal ajang PON 2024 setelah menang adu penalti melawan tuan rumah Sumatra Utara dengan skor 5-4.


Pewarta: Muhammad Aulia Rahman
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI