RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Reputasi Wasit Eko Agus Sugiharto Kini Dipertaruhkan

Reputasi Wasit Eko Agus Sugiharto Kini Dipertaruhkan

15 September 2024 15:08 WIB
Reputasi Wasit Eko Agus Sugiharto Kini Dipertaruhkan
Suasana pertandingan antara Aceh melawan Sulteng pada PON 2024 (Foto: Istimewa)

KBRN, Aceh: Eko Agus Sugiharto menjadi sosok yang disorot publik saat memimpin pertandingan sepak bola antara Aceh melawan Sulawesi Tengah. Pada laga tersebut, Eko mengeluarkan tiga kartu merah dan juga menjadi korban perlakuan keras pemain Sulteng, Muhammad Rizki.

Rizki terpancing emosi setelah Eko memberikan hadiah penalti kepada Aceh pada masa injury time. Keputusan yang dianggap kontroversial itu memicu amarah para pemain dan ofisial Sulteng.

Insiden itu membuat pertandingan terhenti sementara dan Eko Agus harus ditandu keluar lapangan untuk mendapatkan perawatan. Pertandingan tetap dilanjutkan dengan pergantian wasit yang berakhir dengan kemenangan tim Aceh.

Eko merupakan wasit berlisensi A Nasional asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatra Selatan. Sebagai wasit, dia sudah malang-melintang di berbagai kasta kompetisi sepak bola nasional. 

Eko juga tercatat sebagai guru olahraga SMPN 2 Belitang Jaya, OKU Timur. Dia dinilai berkinerja baik dan menunjukkan kemampuan sebagai pengadil lapangan yang berpengalaman.

Namun kejadian Sabtu (14/9/2024) malam tersebut membuat reputasinya sebagai wasit sedang dipertaruhkan. Bahkan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir merasa geram dan menyatakan bakal menindak tegas pihak-pihak yang terbukti bersalah. 

Pewarta: Muhammad Aulia Rahman
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI