RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Icuk Sugiarto: Olahraga Alat Perjuangan Angkat Martabat Bangsa

Icuk Sugiarto: Olahraga Alat Perjuangan Angkat Martabat Bangsa

15 September 2024 19:40 WIB
Icuk Sugiarto: Olahraga Alat Perjuangan Angkat Martabat Bangsa
Mantan legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto Minggu (15/9/2024) di Media Center PON XXI Medan Sumatra Utara, menegaskan bahwa olahraga merupakan salah satu alat penting dalam memperjuangkan harkat dan martabat bangsa di kancah internasional. (Foto: Wandi/Infopublik)

KBRN, Medan: Olahraga disebut sebagai salah satu alat penting dalam memperjuangkan harkat dan martabat bangsa di kancah internasional. Karena, dengan meraih prestasi di atas lapangan, para atlet sekaligus akan membawa kehormatan bagi negara di mata dunia.

Sebagai mantan atlet nasional yang pernah mengharumkan nama Indonesia, Icuk memiliki banyak pengalaman tentang peran olahraga dalam membawa nama baik bangsa. Menurutnya, prestasi olahraga bukan hanya sekadar kemenangan di atas lapangan, tetapi juga bentuk nyata dari kontribusi atlet untuk mengharumkan nama negara di mata dunia.

Icuk juga menyoroti pentingnya perhatian pemerintah terhadap sektor olahraga. Hal ini menurutnya harus menjadi prioritas dalam rangka mencetak atlet berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. 

Ia lantas mengingatkan bahwa perhatian terhadap atlet tidak boleh sebatas pada momen kemenangan saja. Tetapi juga dalam proses panjang yang harus mereka lalui untuk mencapai puncak prestasi.

“Jangan cuma saat menang, diarak, dikasih selamat. Tapi enggak mau memerhatikan prosesnya,” ucap Icuk di Media Center PON XXI Aceh-Sumut, Medan, Sumatra Utara, Minggu (15/9/2024). 

Menurutnya, perhatian yang berkelanjutan dari pemerintah sangat diperlukan. Baik saat para atlet sedang mempersiapkan diri maupun saat mereka berjuang untuk mencapai prestasi.

Lebih jauh, Ucuk menyebut ajang PON merupakan alat yang dapat mengukur sejauh mana perhatian pemerintah daerah terhadap pengembangan atletnya. Ia menegaskan, juara Olimpiade tidak mungkin lahir tanpa dukungan kuat dari daerah asal atlet tersebut.

Karena, kata dia, pembinaan yang konsisten di tingkat lokal adalah fondasi utama dari keberhasilan. Baik di level nasional maupun internasional.

“PON merupakan alat ukur seberapa besar peranan-peranan daerah dalam mempersiapkan atlet. Tidak mungkin lahir juara Olimpiade tanpa disiapkan daerah-daerahnya,” ujar Icuk.

Pewarta: Alfian Risfil
Editor: Haidar Ilyas
Sumber: RRI