RRI

Ajang PON Papua Sebagai Pemersatu Bangsa

2 Oktober 2021 19:35 WIB
Ajang PON Papua Sebagai Pemersatu Bangsa

KBRN, Jayapura: Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menyebutkan, event Akbar Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua merupakan ajang meningkatkan silaturahmi dalam menciptakan suasana kebersamaan sesama anak bangsa.

Selain itu, yang terpenting Kata Norman, yakni sebagai alat pemersatu bangsa yang mengedepakna rasa persaudaraan.

“Diharapkan Pekan Olahraga Nasional tidak hanya sukses prestasi saja, namun juga sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses ekonomi, dan sukses pasca PON. Ini juga digunakan sebagai ajang meningkatkan silaturahmi, menciptakan suasana kebersamaan sesama anak bangsa, saling berlaga untuk menjadi yang terbaik, namun tetap mengedepankan sportivitas dan rasa persaudaraan serta sebagai alat pemersatu bangsa,” kata Marciano Norman, saat acara Pembukaan PON XX Papua, Stadion Lukas Enembe di Kabupaten Jayapura, Sabtu (2/10/2021) malam.

Dalam sambutannya, Marciano Norman juga menyampaikan laporan tentang penyelenggaraan PON Papua yang diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi di tanah air.

Ia juga mengucap terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Presiden Joko Widodo, yang berkenan hadir dan membuka secara resmi pelaksanaan Multi Event olahraga tertinggi di tanah air.

“Pekan Olahraga Nasional di Papua ini diikuti 34 kontingen dari 34 provinsi, dengan jumlah atlet sebanyak 6116 atlet tamu, dan 923 atlet tuan rumah Papua. Mempertandingkan 37 cabang olahraga yang terdiri dari 56 disiplin dan 681 nomor pertandingan.  Memperebutkan 681 medali emas, 681 medali perak, dan 877 medali perunggu. penyelenggaraannya tersebar di empat klaster yang meliputi kota Jayapura, kabupaten Jayapura, kabupaten Mimika dan kabupaten Merauke. Pertandingan mengunakan  45 venue berstandar nasional, bahkan sebagian diantaranya berstandar internasional. Termasuk Stadion Lukas Enembe yang digunakan untuk upacara pembukaan PON XX 2021,” jelasnya.

Ketua KONI Juga berharap, penyelenggaraan PON kali ini dapat dijadikan kebangkitan prestasi olahraga Indonesia khususnya dan kebangkitan bangsa Indonesia dari masa pandemi Covid-19.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan terima kasih kepada jajaran kementerian dan lembaga yang telah memberikan dukungan yang luar biasa, baik pembangunan venue, akomodasi, sarana transportasi, fasilitas kesehatan dan komunikasi serta berbagai dukungan lainnya. Termasuk kepada para gubernur seluruh Indonesia yang mempersiapkan para atlet di daerah dan mengirimkan kontingen untuk bertanding di PON XX 2021 Papua,” harapnya.

“Ajang PON Papua, juga di harapkan meningkatkan pembinaan olahraga prestasi dan melahirkan atlet masa depan tanah air, yang akan mengangkat harkat dan martabat Indonesia pada setiap event olahraga yang diikuti,” tutupnya.

Pewarta: Ririn
Editor: Tegar Haniv Alviandita
Sumber: RRI