RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Legenda Bulu Tangkis Icuk Sugiarto Apresiasi Penyelenggaraan PON

Legenda Bulu Tangkis Icuk Sugiarto Apresiasi Penyelenggaraan PON

15 September 2024 21:08 WIB
Legenda Bulu Tangkis Icuk Sugiarto Apresiasi Penyelenggaraan PON
Kontingen Provinsi Aceh berjalan menuju Stadion Harapan Bangsa jelang pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Banda Aceh, Provinsi Aceh. (Foto: ANTARA FOTO/ Adeng Bustomi/wpa/aa.)

KBRN, Medan: Legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto mengapresiasi meriahnya penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024. Ia menyebut, ajang olahraga tertinggi nasional ini penting untuk mencetak atlet berprestasi naik level ke event internasional.

Icuk juga menyebut ajang PON merupakan alat yang dapat mengukur sejauh mana perhatian pemerintah daerah terhadap pengembangan para atletnya. Karena, untuk menjadi juara Olimpiade tidak mungkin lahir tanpa dukungan kuat dari daerah asal atlet tersebut.

Demikian disampaikan Icuk, di media center PON XXI Aceh-Sumut, Medan, Sumatra Utara, Minggu (15/9/2024). Icuk lantas meminta pemerintah daerah di seluruh Indonesia untuk memberikan dukungan yang optimal kepada para atlet. 

Karena, kata dia, pembinaan yang dilakukan sungguh-sungguh dan konsisten di tingkat lokal akan menjadi fondasi utama dari keberhasilan. Baik di level nasional maupun internasional.

“PON merupakan alat ukur seberapa besar peranan-peranan daerah dalam mempersiapkan atlet. (Karena) Tidak mungkin lahir juara Olimpiade tanpa disiapkan daerah-daerahnya,” ujar Icuk.

Icuk meyakini, dengan perhatian dan dukungan yang tepat, Indonesia dapat terus mencetak atlet-atlet unggul yang mampu bersaing di level dunia. Sebagai salah satu ajang olahraga terbesar di tanah air, pelaksanaan PON harus terus ditingkatkan dalam setiap pelaksanaannya. 

Ia pun menekankan, pentingnya belajar dari pengalaman penyelenggaraan PON sebelumnya. Agar kesalahan-kesalahan yang terjadi tidak terulang di masa mendatang.

“PON ini harus diselenggarakan dari masa ke masa dengan lebih baik, lebih baik, dan lebih baik. Kita harus belajar dari penyelenggaraan yang lalu, yang tidak baik, jangan kita ulangi,” kata Icuk.

Harapan ini sejalan dengan keinginan masyarakat luas yang menginginkan agar PON tidak hanya menjadi ajang pamer kekuatan daerah. Tetapi juga menjadi ajang pembinaan atlet yang berkualitas serta meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Tak lupa pada kesempatan ini, Icuk memberikan apresiasi terhadap perhatian yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada atlet berprestasi di PON. Khususnya melalui pemberian bonus bagi para pemenang. 

Menurutnya, pemberian bonus merupakan langkah yang sangat baik. Karena dapat meningkatkan motivasi para atlet dan juga menarik minat masyarakat untuk berprestasi di bidang olahraga

“Perhatian pemerintah daerah terhadap pemenang PON sudah cukup baik, terutama dengan adanya pemberian bonus. Hal seperti ini dapat menarik minat masyarakat untuk berprestasi di bidang olahraga,” ujarnya.

Namun, ia juga mengingatkan bahwa pemberian bonus bukanlah satu-satunya bentuk dukungan yang diperlukan. Pemerintah daerah juga perlu memberikan dukungan dalam bentuk pembinaan yang berkelanjutan. 

"Terutama dalam hal penyediaan fasilitas, pelatihan yang berkualitas. Serta dukungan moral bagi para atlet yang sedang berjuang mencapai puncak karier mereka," katanya.

Icuk berharap perhatian terhadap olahraga di Indonesia akan terus meningkat. Baik dari segi pembinaan maupun apresiasi terhadap para atlet.

Ia meyakini, bahwa dengan dukungan yang tepat, Indonesia mampu melahirkan lebih banyak juara di kancah internasional. Sehingga, selain membanggakan bangsa, juga menjadi inspirasi bagi generasi muda.

“Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk membawa nama bangsa ke pentas dunia. Mari kita bersama-sama memberikan perhatian lebih kepada sektor ini, agar Indonesia terus bersinar di ajang internasional,” ucap Icuk.

Pewarta: Alfian Risfil
Editor: Haidar Ilyas
Sumber: RRI