RRI

DKI Jakarta Juara Umum Sepatu Roda PON 2024

15 September 2024 20:43 WIB
DKI Jakarta Juara Umum Sepatu Roda PON 2024
Tim sepatu roda putra menerima medali PON 2024 (Foto: Perserosi)

KBRN, Pidie: Tim sepatu roda DKI Jakarta mempertahankan gelar juara umum cabang olahraga sepatu roda di PON XXI 2024 Aceh-Sumut. Ini setelah DKI mengumpulkan total 10 medali emas, lima perak, dan empat perunggu.

Prestasi ini sekaligus mengulang kesuksesan mereka sebagai juara umum di PON XX Papua. Pada hari kelima kompetisi di Arena Roller Pidie, Pidie, Aceh, Sabtu (14/9/2024), DKI Jakarta menambah dua medali emas.

Medali diperoleh dari nomor team time trial (TTT) 10 kilometer putra dan putri. Emas ini menambah dominasi mereka setelah sebelumnya juga menyapu bersih emas di nomor relay 3.000 meter.

Di nomor TTT 10 kilometer putra, Jakarta, dipimpin Barijani Mahesa Putra, mencatat waktu tercepat 17 menit 19,537 detik. Mereka mengalahkan tim Yogyakarta yang menyusul dengan 17 menit 19,76 detik.

Tim Jawa Barat di posisi ketiga dengan 17 menit 37,117 detik. Di nomor putri, tim DKI Jakarta juga tak terkalahkan dengan catatan waktu 17 menit 19,193 detik.

Mereka diikuti Yogyakarta dan Jawa Barat di posisi kedua dan ketiga. Tambahan dua emas ini membuat DKI Jakarta kokoh di puncak klasemen perolehan medali sepatu roda PON XXI.

“Memang yang terpenting anak-anak itu disiplin, rajin berlatih dan kompak. Itu kuncinya sehingga mereka bisa mempertahankan prestasi juara umum, bahkan sudah bisa memastikan juara umum sejak hari keempat," kata Ketua Pengprov Perserosi DKI Jakarta, Muhammad 'Ical' Sal, Minggu (15/9/2024).

"Kita memang lebih kuat di putri. Target awal sih bisa dapat 14 medali emas dan juara umum. Masih ada sisa dua hari ke depan, terpenting kita tetap juara umum, jadi masih penuhi target,” kata Ical yang akrab disapa ‘Kakek’ oleh para atletnya.

Pelatih tim sepatu roda DKI Jakarta, Faisal Norman, juga tidak dapat menyembunyikan kebanggaannya. Kekompakan tim DKI Jakarta juga terlihat dari dukungan besar yang diberikan oleh orang tua para atlet.

Banyak dari mereka yang datang langsung ke lokasi lomba dengan biaya sendiri untuk memberikan semangat kepada anak-anak mereka. Alifia Meidia Namasta, peraih dua medali emas dan dua perak, mengatakan dukungan orang tua sangat penting bagi para atlet.

Setelah pertandingan hari kelima, kompetisi sepatu roda berlanjut dengan hari latihan pada Minggu. Selanjutnya, pertandingan nomor freestyle dan speed slalom battle slide UPP akan berlangsung di hari ketujuh.

Pertandingan akan ditutup dengan nomor classic slalom UPP di hari kedelapan. Sebanyak 149 atlet dari berbagai daerah ikut serta dalam cabang olahraga sepatu roda PON 2024.

Mereka bertanding di delapan kelas meliputi:

- 200 meter ITT sprint

- 500 meter+D UPP

- 200 meter DTT

-10 kilometer point race UPP

-100 meter ITT sprint

-1.000 meter UPP

-team sprint relay UPP

-10 kilometer TTT UPP

Pewarta: Danang Sundoro
Editor: Nugroho
Sumber: RRI