RRI

Tim Medis PON 2024: ‘Sigap, Tepat, Sehat’

16 September 2024 20:39 WIB
Tim Medis PON 2024: ‘Sigap, Tepat, Sehat’
Momen pertolongan yang dilakukan oleh tim medis saat ada pemain hoki outdoor mengalami cedera (Foto: PB PON XXI)

KBRN, Medan: Di balik gemuruh dan adrenalin dari pertandingan hoki outdoor PON 2024 Aceh-Sumut, ada tim medis yang harus selalu awas dan sigap. Mereka bekerja tanpa henti memastikan keselamatan atlet dengan moto ‘Sigap, Tepat, Sehat’.

Hoki outdoor termasuk olahraga kompetitif yang memiliki risiko cedera nan tinggi. Kecepatan dan benturan menjadi bagian integral dari permainan. 

Sebagai antisipasi cabor ini di venue tersedia dua ambulans. Tim medis dan ambulans selalu siaga, terutama bekerja dalam situasi darurat.

Dipimpin dr Khairul Imami dan dr Meyva Sasmita, tim medis senantiasa berada di lapangan. Mereka didukung fisioterapis Adilla Azzura dan drg Adi Wika Prasetya, yang bertugas menjaga kesehatan gigi atlet.

Letda Kes dr Kevin Jevanus Jeremia dan dr Ashari Zuprin bersama fisioterapis Putri Harum Sari, juga selalu siap menangani otot-otot tegang akibat ketegangan pertandingan. Rini Lumbantobing dan Iswardi sebagai perawat, serta bidan Khairunnisa tak kalah penting perannya dalam menjaga kesehatan atlet.

Kemudian di balik kemudi ambulans, ada Prada Agus Trianda, Riski Agustin Hasibuan, Marhindra Manan SRG, dan Perdi SRG. Mereka selalu siap mengantar atlet ke rumah sakit dalam hitungan detik jika diperlukan.

“Tim medis hoki outdoor sangat lengkap, mulai dokter umum, dokter gigi, perawat, fisioterapis, hingga pengemudi ambulans. Sejauh ini semua pasien tertangani dengan baik,” kta dr Imam, Senin (16/9/2024).

Pengakuan dari atlet dan tim official yang puas menjadi motivasi tersendiri bagi tim medis ini. Mereka bangga bisa menjadi bagian penting dalam menjaga keberlangsungan kompetisi.

“Kami bangga dapat berkontribusi melalui pelayanan sepenuh hati. Semangat juang kami sejalan dengan para atlet yang bertanding,” ujar dr Imam.

Pewarta: Feri Ardiansyah
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI