RRI

Jatim vs Jabar di Final Sepak Bola PON 2024

17 September 2024 01:20 WIB
Jatim vs Jabar di Final Sepak Bola PON 2024
Para pemain Aceh berupa mengejar ketertinggalan atas Jawa Timur pada laga semifinal cabor sepak bola PON 2024, di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Senin (16/9/2024) malam (Foto: RRI/ Aulia Rahman)

KBRN, Banda Aceh: Jawa Timur melaju ke final cabor sepak bola Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024. Anak asuh Fakhri Husaini tersebut sukes menundukkan tuan rumah Aceh 3-2 pada laga yang digelar di Stadion Harapan Bangsa, Senin (16/9/2024).

Aceh unggul lebih dulu lewat tandukan gelandang Refyansyah  pada menit ke-3, yang tak mampu diantisipasi kiper Jatim, Aldino Fanani. Gol tersebut disambut meriah ribuan suporter tuan rumah.

Namun, keunggulan tersebut berubah ketika memasuki menit ke- 31. Sepakan mendatar Achmad Dwi Firmansyah di dalam kotak penalti tidak mampu dihalau kiper Aceh yang dijaga oleh M. Syafrizal.

Berselang sembilan menit kemudian, Jatumbberbalik unggul.  Penyerang Jatim Wigi Pratama yang berdiri bebas tanpa kawalan, mampu melesakkan bola ke gawang tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Jatim kembali menggandakan keunggulan mereka. Adalah Wigi yang kembali mencatatkan namanya di papan skor, setelah berhasil menuntaskan serangan balik pada menit ke-73.

Aceh terus berusaha untuk menyamakan kedudukan. Namun, serangan bertubi-tubi yang dilancarkan hanya menghasilkan satu gol tambahan melalui gol Mahyudin pada menit ke-87.

Skor 3-2 untuk Jatim bertahan hingga peluit panjang ditiup oleh wasit Rio Permana Putra. Jawa Timur dipastikan bertemu dengan Jawa Barat pada partai final PON 2024.

Perebutan medali perunggu antara Aceh dan Kalsel akan lebih dulu dimainkan pada Rabu (18/9/2024) pukul 16.15 WIB. Sementara, final Jabar vs Jatim akan mulai dipertandingkan pukul 20.15 WIB di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Pewarta: Muhammad Aulia Rahman
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI