RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Presiden Jokowi Direncanakan Menghadiri Upacara Penutupan PON 2024

Presiden Jokowi Direncanakan Menghadiri Upacara Penutupan PON 2024

17 September 2024 14:41 WIB
Presiden Jokowi Direncanakan Menghadiri Upacara Penutupan PON 2024
Penyelenggaraan PON 2024 Aceh-Sumut segera berakhir dan upacara penutupan akan digelar pada Jumat (20/9/2024) (Foto: Antara/Iggoy el-Fitra)

KBRN, Medan: PB PON 2024 Wilayah memastikan upacara penutupan pesta olahraga ini akan digelar di Stadion Utama Sumut Sport Centre, Deli Serdang, Jumat (20/9/2024). Presiden Joko Widodo direncanakan menghadiri penutupan tersebut.

Informasi ini disampaikan Ketua Bidang Acara PON XXI Wilayah Sumut, yang juga Kasatpol PP Sumut, M Mahfullah P Daulay. Penyampaikan dilakukan saat Konferensi Pers di Media Center Utama, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Senin (16/9/2024) malam.

Mahfullah menjelaskan, upacara penutupan PON 2024 juga dimeriahkan dengan hiburan yang menampilkan sejumlah artis ibu kota. Mulai Denada, Nidji, Marcel, Lea Simanjuntak, dan dipandu pembawa acara Choky Sitohang serta Astrid Tiar. 

“Sebagai tambahan untuk hiburan, panitia mengerahkan 1.200 talenta yang terdiri dari penari multietnis Aceh dan Sumut, paduan suara, marching band IPDN Jatinangor,  band lokal. Juga ada pesta kembang api sebagai penutup,” ujarnya.

Selain acara penutupan di Stadion Utama Sumut pada 20 September 2024, menurut Mahfullah, juga ada acara penurunan seluruh bendera kontingen cabang olahraga PON XXI pada 21 September 2024 di Lapangan Astaka Jalan Williem Iskandar/Jalan Pancing Deli Serdang.

Ia juga memastikan kondisi Stadion Utama Sumut di Desa Sena, sudah siap untuk difungsikan sebagai lokasi acara closing ceremony pada 20 September 2024. Seluruh ruas ruangan seperti ruang ganti, tribune tempat duduk sampai toilet, keseluruhannya sudah dapat difungsikan dengan baik.

“Fungsi pencahayaan untuk di dalam stadion dan di luar stadion, diperkirakan sudah 100 persen berfungsi. Hal tersebut telah dilakukan uji lokasi di siang dan malam hari,” kata Mahfullah.

Terkait pengamanan lokasi pelaksanaan, akan dilakukan rekayasa lalu lintas pada hari H, mulai pukul 13.00 WIB. Sementara area parkir disediakan lokasi di sekitar stadion yang akan cukup untuk kantong parkir kendaraan.

Akses masuk masyarakat umum yang hendak menyaksikan langsung acara penutupan dapat melalui e-ticketing atau datang secara langsung ke lokasi stadion. Masyarakat akan mendapatkan akses gratis berupa gelang di loket-loket yang telah disediakan.

“Pembukaan stadion dimulai pukul 15.00 WIB. Ini bertujuan agar menghindari kerumunan secara mendadak saat memasuki area dalam stadion,” ucapnya.

Pewarta: Indra Widyastuti
Editor: Ari Dwi P
Sumber: RRI